Makanan Mengandung Elektrolit yang Dapat Anda Konsumsi Usai Olahraga

Selasa, 03 November 2020 - 21:06 WIB
loading...
Makanan Mengandung Elektrolit yang Dapat Anda Konsumsi Usai Olahraga
Mengonsumsi makanan dengan magnesium bisa menjadi kunci keberhasilan kinerja olahraga Anda. Foto Ilustrasi/MapMyRun Blog
A A A
JAKARTA - Beberapa dari Anda mungkin gemar olahraga . Ketika usai berolahraga tubuh akan kehilangan banyak elektrolit dan itu hal yang biasa. Elektrolit yang hilang dapat digantikan dengan minuman olahraga.

Sayang, bergantung pada minuman olahraga tak sepenuhnya baik karena kaya gula tambahan. Anda perlu memperoleh elektrolit yang hilang dari asupan lain. Berikut adalah lima elektrolit utama yang bisa didapat dari beberapa makanan utuh, seperti dilansir dari laman Runners World.

( )

1. Natrium
Natrium membantu tubuh menahan air, membuat Anda terhidrasi untuk jangka waktu yang lebih lama. Natrium yang hilang selama olahraga dapat tergantikan dengan camilan susu cokelat hingga roti gandum dengan selai kacang, hingga sup sayuran.

2. Klorida
Mineral ini amat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan, volume darah, tekanan darah, dan kadar pH cairan tubuh. Anda dapat mengisi kembali klorida yang hilang pada makanan seperti rumput laut, gandum, tomat, dan selada.



3. Kalium
Selama satu jam latihan keras, Anda mungkin kehilangan 200 hingga 600 mg kalium. Untuk mengisi kembali asupan penting ini, Anda dapat konsumsi pisang berukuran sedang hingga besar. Makanan lain yang memiliki kandungan kalium adalah sayuran hijau, kacang polong, dan alpukat.

( )

4. Kalsium
Susu mungkin bukan pilihan yang nyaman untuk diminum setelah berolahraga, tetapi minuman kaya kalsium ini memberikan campuran karbohidrat, kalsium, natrium, dan kalium, bersama dengan protein berkualitas tinggi, yang membantu pemulihan otot. Tak ada salahnya mengonsumsi susu kedelai atau susu cokelat ke dalam menu usai sesi olahraga Anda.

5. Magnesium
Saat kekurangan mineral, tubuh Anda menuntut lebih banyak oksigen dan energi selama aktivitas fisik. Mengonsumsi makanan dengan magnesium bisa menjadi kunci keberhasilan kinerja olahraga Anda. Magnesium bisa terdapat pada makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh, dan susu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)