Studi : Konsumsi Vitamin D yang Tinggi saat Hamil Tingkatkan IQ Bayi

Rabu, 04 November 2020 - 10:20 WIB
loading...
Studi : Konsumsi Vitamin D yang Tinggi saat Hamil Tingkatkan IQ Bayi
Studi ungkap konsumsi vitamin D bisa tingkatkan IQ bayi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kadar vitamin D ibu selama kehamilan dikaitkan dengan IQ anak-anak mereka. Di mana kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dapat membuat skor IQ masa kanak-kanak tinggi.

Studi ini juga mengidentifikasi tingkat vitamin D yang lebih rendah secara signifikan di antara wanita hamil kulit hitam. Melissa Melough, penulis utama studi dan ilmuwan penelitian di Departemen Kesehatan Anak, Perilaku, dan Perkembangan di Seattle Children's Research Institute, mengatakan kekurangan vitamin D umum terjadi pada populasi umum serta wanita hamil, tetapi mencatat bahwa wanita kulit hitam berisiko lebih besar.

Baca juga : Vitamin D Rendah Dapat Tingkatkan Kemungkinan Infeksi COVID-19

Dilansir dari Times Now News, Rabu (4/11) Melough mengatakan dia berharap penelitian ini akan membantu penyedia layanan kesehatan mengatasi perbedaan di antara wanita kulit berwarna dan mereka yang berisiko lebih tinggi untuk kekurangan vitamin D.

"Pigmen melanin melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi dengan menghalangi sinar UV, melanin juga mengurangi produksi vitamin D di kulit. Karena itu, kami tidak terkejut melihat tingginya tingkat kekurangan vitamin D di antara wanita hamil kulit hitam dalam penelitian kami. Meskipun banyak wanita hamil yang mengonsumsi vitamin prenatal, hal ini mungkin tidak memperbaiki kekurangan vitamin D yang sudah ada," kata Melough.

"Saya berharap pekerjaan kami membawa kesadaran yang lebih besar untuk masalah ini, menunjukkan implikasi jangka panjang dari vitamin D prenatal untuk anak dan perkembangan neurokognitif mereka, dan menyoroti bahwa ada kelompok tertentu yang harus diperhatikan oleh penyedia. Kadar vitamin D umumnya tidak direkomendasikan, tapi saya pikir penyedia layanan kesehatan harus memperhatikan mereka yang berisiko lebih tinggi, termasuk perempuan kulit hitam," tambah Melough.

Baca juga : Hidup di Negara Tropis, Banyak Anak Indonesia Kurang Vitamin D

Menurut Melough, sebanyak 80% wanita hamil kulit hitam di AS kekurangan vitamin D. Dari wanita yang berpartisipasi dalam penelitian ini, sekitar 46% ibu kekurangan vitamin D selama kehamilan mereka, dan tingkat vitamin D lebih rendah di antara wanita kulit hitam dibandingkan dengan wanita kulit putih.

Melough dan rekan penulisnya menggunakan data dari sebuah kelompok di Tennessee yang disebut studi Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Neurokognitif dan Pembelajaran dalam Anak Usia Dini (CANDLE). Peneliti CANDLE merekrut wanita hamil untuk bergabung dalam penelitian yang dimulai tahun 2006 dan mengumpulkan informasi dari waktu ke waktu tentang kesehatan dan perkembangan anak-anak mereka.

Setelah mengendalikan beberapa faktor lain yang terkait dengan IQ, kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dikaitkan dengan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak usia 4 hingga 6 tahun. Meskipun studi observasional seperti ini tidak dapat membuktikan penyebab, Melough percaya temuannya memiliki implikasi penting dan memerlukan penelitian lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)