Renovasi: Sendiri atau Pakai Kontraktor?

Rabu, 04 November 2020 - 20:45 WIB
loading...
Renovasi: Sendiri atau Pakai Kontraktor?
Renovasi: Sendiri atau Pakai Kontraktor?
A A A
Selamat datang di dilema pertama sebagai pemilik rumah! Kisah klasik yang selalu menjadi pertanyaan setiap pemilik rumah ketika ingin merenovasi rumah. Dilakukan sendiri atau oleh kontraktor? Yuk kita cari tahu jawaban dari pertanyaan yang terlalu sering didengar ini. Beberapa hal yang harus diingat ketika memutuskan untuk mengerjakan renovasi sendiri atau oleh kontraktor:

1. Berbahaya. Hal yang sangat penting, harap diingat, mengerjakan renovasi rumah adalah hal yang berbahaya, terutama ketika mengerjakan pekerjaan seperti renovasi atap atau kelistrikan.

2. Bisa Merusak Rumah. Kesalahan yang dilakukan ketika merenovasi dapat merusak rumah. Contoh mudah adalah ketika merenovasi kamar mandi dan memindahkan lokasi wastafel. Pipa yang tidak terpasang dengan baik dan benar dapat menyebabkan kebocoran. Yang mungkin tidak langsung terlihat tapi menyebabkan tembok menjadi basah dan kehilangan struktur kekuatan. Selamat datang bencana.

3. Membutuhkan Izin. Hal yang paling mudah dalam menentukan apakah dikerjakan sendiri atau memakai kontraktor adalah izin. Jika renovasi membutuhkan IMB baru, sebaiknya dilakukan oleh profesional.

4. Waktu Adalah Uang. Kalkulasikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah oleh kontraktor dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan jika dikerjakan sendiri. Jika dikerjakan sendiri membutuhkan waktu dua kali lebih lama daripada oleh kontraktor, hargai waktu yang terpakai dengan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan jika waktu itu dipakai bekerja.

5. Biaya Alat. Renovasi rumah membutuhkan banyak alat yang mungkin tidak umum untuk dimiliki oleh pemilik rumah. Jika merenovasi rumah sendiri ternyata membutuhkan pembelian banyak alat baru, masukan biaya alat tersebut kedalam estimasi biaya. Kecuali kalau bisa meminjam alat-alat tersebut pada saudara atau tetangga.

6. Pilihan Kontraktor. Putuskan untuk merenovasi rumah oleh kontraktor ketika sudah mendapatkan kontraktor yang profesional dan terpercaya. Tidak ada gunanya memberikan pekerjaan kepada kontraktor jika pilihan yang ada kurang terpercaya dan tidak memiliki komunikasi yang baik dengan pemilik rumah. Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan serta meminta rekomendasi dari pekerjaan sebelumnya. Ingat, malu bertanya sesat di pembangunan.

7. Jujur Pada Keterbatasan Diri. Seperti pada aspek kehidupan umumnya, kejujuran itu penting. Dalam hal ini, jujur pada diri sendiri. Jika dirimu memiliki pengalaman dan kemampuan dalam hal renovasi rumah sama dengan ketangkasan dan kecerdasan Nobita tanpa bantuan Doraemon, atau jika pekerjaan fisik, menggunakan power tools, mengangkat-angkat barang, meneteskan keringat dan bergelut dengan debu adalah hal-hal yang sebisa mungkin ingin dihindari, ada baiknya renovasi rumah tidak dilakukan sendiri. Tidak ada salahnya jika ingin memilih duduk santai sambil minum kopi dan mengawasi orang lain bekerja.

Tetap bersikukuh ingin mencoba menghemat dan mengerjakan renovasi sendiri? Mungkin jalan tengah adalah yang terbaik. Kombinasi dari keduanya bisa jadi jalan keluar. Lakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan kecil seperti pengecatan atau pekerjaan yang bersifat kosmetik lainnya, namun serahkan pekerjaan-pekerjaan besar dan riskan pada ahlinya. Tidak perlu ribet dan tak perlu kuatir, kamu hanya butuh SobatBangun untuk mengerjakan renovasi dari skala kecil hingga besar. SobatBangun adalah platform digital dari PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia, anak perusahaan SIG yang bergerak dengan misi mengembangkan proses pembangunan dan renovasi rumah secara lebih baik serta berkelanjutan. Kontraktor dan tenaga ahli yang berpengalaman dan terpercaya telah SobatBangun siapkan untuk menjawab keresahanmu mengenai dilema renovasi rumah. Bisa juga konsultasi langsung dengan Sobat Konsul dan Kontraktor pilihanmu.

Lakukan renovasi rumah sesuai ekspektasi dengan anggaran yang pas dan transparan, yang tentunya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku saat ini, yuk mulai sekarang dengan kunjungi www.sobatbangun.com/renovation .
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)