Museum MACAN Luncurkan MACAN Home Kit, Seri Lokakarya Seni di Rumah bersama Perupa Indonesia

Kamis, 05 November 2020 - 05:12 WIB
loading...
Museum MACAN Luncurkan “MACAN Home Kit”, Seri Lokakarya Seni di Rumah bersama Perupa Indonesia
Museum MACAN meluncurkan MACAN Home Kit. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perasaan jenuh dan bosan setelah hampir delapan bulan menjalani work from home (WFH) tentu dialami sebagian besar orang. Bila Anda kurang cocok dengan kegiatan memasak, bertanam, atau bosan menonton serial TV di Netflix, maka membuat lokakarya di rumah bisa menjadi alternatif menarik yang layak dicoba.

Museum MACAN pada Rabu (4/11) meluncurkan MACAN Home Kit, yaitu seri lokakarya di rumah yang terdiri dari sepaket peralatan kesenian dan tautan untuk mengakses tutorial video panduan yang dibuat oleh perupa Indonesia dari berbagai disiplin. Mencakup berbagai media seni, juga ide dan proses kreatif.

( )

Peserta akan dipandu oleh para perupa untuk memulai proyek seni mereka sendiri, juga mendapat kesempatan untuk mengikuti sesi konsultasi kelompok yang diadakan secara virtual bersama para perupa untuk meninjau karya mereka.

Terbitan perdana MACAN Home Kit: Seri Perupa akan menampilkan perupa kontemporer Citra Sasmita, Ruth Marbun dan Agam Dwi Nurcahyo (Magafaka), serta kolektif keramik kenamaan Kandura Studio.

Citra Sasmita yang dikenal dengan refleksinya yang unik tentang perempuan Bali dalam konteks masyarakat kontemporer, mengundang peserta untuk melakukan refleksi pribadi dan mengakses memori personal juga emosi sebagai titik awal dalam melukis. Ruth Marbun, seorang perupa yang dikenal dengan teknik mencoreng (mark-making) yang emosional, akan mengajak peserta membuat “mesin waktu” yang artistik. Peserta juga dapat belajar langsung dari kolektif keramik Kandura Studio. Melalui MACAN Home Kit, peserta akan diajari membuat perabot rumah tangga khas kolektif tersebut, dan diminta mengirimkan kreasi mereka untuk melalui proses pembakaran dan penyelesaian di Kandura Studio.

MACAN Home Kit pertama yang diluncurkan pada 4 November 2020, dipandu oleh perupa Bali Citra Sasmita. Lokakarya ini membawa peserta dalam sebuah perjalanan yang pribadi dan penuh emosi, menggunakan perasaan sebagai panduan melukis. Dalam Home Kit ini, terdapat tujuh kartu seukuran kartu tarot berisi kata dan visual inspirasional yang dirancang oleh sang perupa untuk menuntun peserta dalam memvisualisasikan dan membayangkan memori personal yang terkait obyek dan tempat tertentu.

( )

“Pada masa di mana segalanya terjadi dengan sangat cepat, kita lupa atau mungkin dengan sadar mengubur banyak hal dalam pikiran kita. Melalui MACAN Home Kit ini, saya mengajak peserta untuk mengeksplorasi perasaan dan memori pribadi mereka sebagai cara untuk memulai karya, sebuah awal baru untuk setiap peserta,” kata perupa Citra Sasmita.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)