Cocok Disantap di Kala Hujan, Ini Cara Bikin Tongseng Solo yang Enak

Jum'at, 06 November 2020 - 08:08 WIB
loading...
Cocok Disantap di Kala Hujan, Ini Cara Bikin Tongseng Solo yang Enak
Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. / Foto: Ilustrasi/Sasa
A A A
JAKARTA - Tongseng Solo dapat menjadi pilihan pas makanan berkuah untuk menghangatkan tubuh saat hujan. Tongseng merupakan hidangan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya.

(Baca juga: Usai Berolahraga, Sebaiknya Anda Hindari Beberapa Makanan Ini )

Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meski ada juga tongseng daging sapi, kerbau atau ayam . Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan kol, bawang putih, tomat, dan kecap.

Bumbu tongseng terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing . Tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo, Magelang dan sekitarnya. Namun, Anda tak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmati semangkuk tongseng, buat sendiri di rumah juga bisa.

Praktis dan bahannya mudah didapat. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat tongseng Solo seperti dikutip dari Endeustv.

Bahan-bahan:
400 g daging kambing bagian paha, potong dadu 2 cm
50 g air parutan buah nanas
3 sdm minyak goreng
1 bungkus bumbu tongseng
865 ml santan encer
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
½ sdt kaldu sapi
100 g kol, iris tipis
1 buah tomat, potong-potong

Pelengkap:
Bawang merah goreng
Kecap manis

Cara membuat:
1. Aduk rata daging kambing dan parutan buah nanas. Diamkan hingga daging empuk kurang lebih selama 10 menit. Panaskan minyak, tumis daging kambing dan bumbu tongseng hingga berubah warna dan tidak berair.

2. Tambahkan santan, daun salam, serai, daun jeruk dan kaldu sapi, aduk rata, masak hingga daging kambing lunak dan kuah menyusut menjadi 400 ml. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.

(Baca juga: Musim Hujan, Perlukah Vaksin untuk Hindari Flu? )

3. Masukkan kol dan tomat, masak hingga layu. Angkat. Sajikan tongseng selagi hangat dengan pelengkap.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)