Bingung Beli Daging Masih Segar atau Tidak? Perhatikan 9 Tips Ini

Jum'at, 06 November 2020 - 16:00 WIB
loading...
Bingung Beli Daging Masih Segar atau Tidak? Perhatikan 9 Tips Ini
Sering kali Anda ragu untuk membeli daging yang sudah beku karena alasan segar atau tidak. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Apa saja? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sering kali ada keraguan pembeli untuk membeli daging yang sudah beku karena alasan tidak segar. Padahal yang dimaksud daging segar yaitu daging yang memiliki komposisi zat-zat yang sama atau mirip dengan daging setelah disembelih.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti penyimpanan daging yang tepat ketika dibeli. Daging yang disimpan dalam suhu dingin (suhu bagian dalam daging < 4°C) adalah yang dianjurkan. (Baca juga: 13 Fakta Jill Biden, Mulai “Blind Date” Hingga Tolak Lamaran Joe Biden )

Mengapa suhu ini penting? Agar kualitasnya (warna, tekstur, masa simpan) tidak berubah sehingga tidak terjadi pembusukan terkait pertumbuhan mikroorganisme pembusuk dan aktivitas enzim. Selain itu, keamanan pangan dari mikroorganisme patogen juga terjaga.

“Suhu dingin menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan aktivitas enzim daging,” beber Denny W Lukman dari Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Epidemiologi Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet Fakultas Kedokteran Hewan, IPB dalam Diskusi Virtual JAPFA Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan Hoaks.

Agar tidak salah membeli daging, berikut bebrapa tipsnya:
1.Belilah daging pada kios atau toko yang resmi dan penjual langganan.
2. Pilihlah daging yang berwarna cerah (segar, tidak berwarna gelap, kehitaman), lembab, tidak bau.
3. Jika dikemas, pilihlah kemasan yang utuh, bersih dan berlabel.
4. Belilah daging yang disimpan pada lemari pendingin atau freezer.
5. Belilah daging di akhir belanja sebelum bayar di kasir dan langsung dibawa ke rumah.
6. Sebaiknya masukkan daging dalam thermobag atau insulated-bag dan diisi pula dengan es batu dalam plastik.
7. Sampai di rumah, daging segera dimasak atau jika ingin dimasak dalam 2 hari simpan daging di dalam wadah tertutup yang bersih dan simpan dalam kulkas.
8. Jika daging ingin dibekukan, potong-potong daging sesuai kebutuhan (250 gram, 500 gram) dan masing-masing potongan dimasukkan dalam wadah terpisah dan simpan dalam freezer
9. Daging segar, jeroan dan produk olahan daging harus dikemas/dibungkus secara terpisah dan baik.

Ada juga pertanyaan, bolehkah daging dicuci? Menurut Denny, daging boleh dicuci jika daging kotor, bersihkan kotoran pada daging dengan air bersih (air PAM, air matang, atau air minum). (Baca juga: Dibimbing Gus Miftah, DJ Katty Butterfly Belajar Niat Salat Subuh )

“Tiriskan lalu dapat langsung dimasak atau jika ingin didinginkan atau dibekukan, keringkan permukaan daging dengan tisu dapur dan potong-potong sesuai kebutuhan. Kemudian masukkan dalam kantong plastik dan simpan dalam kulkas atau freezer,” saran Denny.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)