Empon-empon, Minuman Daya Tahan Tubuh yang Mudah Dibuat

Senin, 09 November 2020 - 14:39 WIB
loading...
Empon-empon, Minuman Daya Tahan Tubuh yang Mudah Dibuat
Empon-empon merupakan minuman hangat yang terbuat dari berbagai rempah-rempah Indonesia. Menuman ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Empon-empon merupakan minuman hangat yang terbuat dari berbagai rempah-rempah Indonesia. Menuman ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Biasanya bahan Empon-empon dijual di pasar tradisional dan sudah dibungkus dalam satu paket plastik. Jadi Anda tinggal merebusnya saja. (Baca juga: Rasa Khas Tauto Pekalongan, Begini Resep Membuatnya! )

Empon-empon ini kemudian menjadi trending selama pandemi COVID-19 karena dipercaya dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona baru. Anda yang mencari minuman untuk menghangatkan tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan selama musim hujan ini dapat mecoba empon-empon.

Tak perlu membeli. Membuat Empon-empon pun mudah. Dikutip dari Endeustv, berikut resep membuatnya.

Bahan-bahan:
1.5 l air
250 g jahe, cuci bersih
150 g temulawak, cuci bersih, memarkan
100 g kunyit, cuci bersih, memarkan
5 cm kayu manis
5 batang serai, memarkan
250 g gula aren, sisir halus
½ sdt garam

Cara membuat:
Bakar jahe diatas api sedang, lalu memarkan. Rebus air dalam panci, tambahkan jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, gula aren, garam, dan serai. (Baca juga: Anya Geraldine Sebut Video Syur Mirip Dirinya Hoax )

Masak dengan api kecil hingga air menyusut kurang lebih 750ml. Angkat. Saring, pindahkan ke dalam gelas saji, sajikan selagi hangat.

Jika ingin terasa yang lebih segar, tambahkan perasan air jeruk nipis.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)