Rasa Khas Tauto Pekalongan, Begini Resep Membuatnya!

Senin, 09 November 2020 - 12:03 WIB
loading...
Rasa Khas Tauto Pekalongan, Begini Resep Membuatnya!
Tauto Pekalongan merupakan hidangan soto khas Pekalongan. Makanan ini sesuai dengan ciri khasnya yang pakai bumbu tauco, yang memiliki rasa pedas dan manis. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tauto Pekalongan merupakan hidangan soto khas Pekalongan. Tauto sendiri merupakan singkatan dari tauco soto, sesuai dengan ciri khasnya yang menggunakan bumbu tauco. Makanan ini memiliki perpaduan cita rasa pedas dan manis.

Dulu, hidangan ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasar. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, daging kerbau juga bisa diganti menjadi daging sapi atau ayam. Tidak perlu pergi ke Pekalongan untuk mencicipi tauto, Anda bisa membuatnya di rumah. (Baca juga: Anak Susah Makan? Anda Harus Tahu Triknya )

Buat tauto Pekalongan untuk sajian istimewa keluarga di rumah. Rasanya yang pedas dan manis serta berkuah, sangat pas dimakan saat musim hujan seperti saat ini. Berikut resep membuat tauto Pekalongan dikutip dari Instagram @vhe.veronicaa.

Bahan-bahan:
250 gr dada ayam, ungkep dengan bawang putih dan garam, kemudian goreng dan suwir-suwir
Garam
Gula
Kaldu bubuk
1,5 l air

Bahan cemplung:
12 bawang merah, iris-iris
2 sereh, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
3 lembar daun salam
5 sdm kecap manis
4-5 sdm tauco

Bumbu halus:
10 cabai merah, buang bijinya, direbus
4 bawang putih
3 kemiri
Sejempol jahe

Pelengkap:
Soun
Bawang goreng
Tauge
Sambal
Daun bawang
Daun seledi

Cara membuat:
Tumis bawang merah iris sampai layu, masukkan bumbu halus dan daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas. Tumis sampai harum dan matang, kemudian tambahkan tauco dan tumis lagi sebentar. (Baca juga: Jessica Iskandar Ajak Followers Menghormati Hewan )

Masukkan tumisan bumbu ke rebusan air, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, kaldu bubuk, kemudian koreksi rasa. Jika sudah pas matikan kompor. Siapkan mangkok, beri soun, tauge, suwiran ayam, siram dengan kuah tauto.

Taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Tauto Pekalongan siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)