Enam Selebritas Tanah Air yang Meninggal Dunia karena Diabetes

Rabu, 11 November 2020 - 04:24 WIB
loading...
Enam Selebritas Tanah Air yang Meninggal Dunia karena Diabetes
Meninggalnya Aa Gatot Brajamusti menambah daftar selebritas Tanah Air yang meninggal karena diabetes. / Foto:
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) yang juga aktor, Gatot Brajamusti meninggal dunia di usia 58 tahun pada Minggu (8/11). Pria yang akrab disapa Aa Gatot itu tutup usia karena penyakit diabetes dan hipertensi yang dideritanya. Gatot juga dilaporkan memiliki riwayat stroke dan menjalani perawatan di RS Pengayoman, Jakarta.

(Baca juga: Sineas Tanah Air Bersatu Perangi Pembajakan Film )

Hipertensi diketahui sering terjadi bersamaan dengan diabetes yang ditandai dengan gula darah tinggi. Penelitian menunjukkan ada hubungan di antara keduanya. Pada 2012, para peneliti mengutip angka yang menunjukkan bahwa 30% orang dengan diabetes tipe 1 dan 50-80% dari mereka yang menderita diabetes tipe 2 memiliki hipertensi.

Meninggalnya Aa Gatot itu pun menambah daftar selebritas Tanah Air yang meninggal karena diabetes. Dan berikut selebritas lain yang juga meninggal karena diabetes sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

1. Omas

Omaswati atau yang dikenal Omas meninggal dunia pada 16 Juli 2020. Menurut keponakannya, Erni, penyebab meninggalnya pelawak senior itu karena riwayat diabetes yang dideritanya.

2. Oon Project Pop

Oon berjuang melawan diabetes yang diidapnya selama 6 tahun yang menyebabkan komplikasi. Pemilik nama asli Muhammad Fachroni itu meninggal dunia pada 13 Januari 2017 pagi di kediamannya.

3. Djudjuk Srimulat

Djudjuk Srimulat meninggal dunia pada Februari 2015. Djudjuk mengembuskan napas terakhirnya di usia 67 tahun karena komplikasi diabetes. Rekan sesama pelawak, yakni Polo menyebutkan Djudjuk juga mengidap kanker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)