Kafein Meningkatkan Kemampuan Fokus, tapi Tak Merangsang Kreativitas

Rabu, 11 November 2020 - 17:31 WIB
loading...
Kafein Meningkatkan Kemampuan Fokus, tapi Tak Merangsang Kreativitas
Berdasarkan penilitian, mengonsumsi kafein dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus dan menyelesaikan masalah. Tetapi, tidak merangsang kreativitas. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Konsumsi kafein dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus dan menyelesaikan masalah. Tetapi, tidak merangsang kreativitas.

Berdasarkan penelitian terbaru, manfaat kognitif dari kafein - peningkatan kewaspadaan, peningkatan kewaspadaan, peningkatan fokus dan peningkatan kinerja motor - sudah mapan, pengaruh stimulan pada kreativitas kurang diketahui. (Baca juga: Pentingnya Peran Tenaga Kesehatan untuk Edukasi Penderita Diabetes )

"Dalam budaya Barat, kafein secara stereotip dikaitkan dengan pekerjaan kreatif dan gaya hidup, dari penulis dan kopi mereka hingga programmer dan minuman energi mereka dan ada lebih dari satu kernel kebenaran untuk stereotip ini," kata Darya Zabelina selaku asisten profesor di Universitas Arkansas di AS.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition ini membedakan pemikiran konvergen dari divergen. Yang pertama didefinisikan sebagai mencari solusi spesifik untuk suatu masalah, misalnya, jawaban yang benar, sedangkan yang terakhir dicirikan oleh generasi ide di mana satu set besar respons yang tepat, novel atau menarik akan cocok.

Dilansir Times Now News, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kafein terbukti meningkatkan pemikiran konvergen dalam penelitian ini.

Sementara, mengkonsumsinya tidak memiliki dampak signifikan pada pemikiran divergen. Untuk penelitian ini, 80 sukarelawan secara acak diberikan pil kafein 200 mg, setara dengan satu cangkir kopi yang kuat, atau plasebo.

Mereka kemudian diuji pada ukuran standar pemikiran konvergen dan divergen, memori kerja dan suasana hati. Selain hasil kreativitas, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi subjek uji yang mengonsumsinya melaporkan rasa kurang sedih. (Baca juga: DJ Katty Butterfly Makin Tekun Dalami Islam )

"200mg meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif. Itu juga tidak membuatnya lebih buruk, jadi teruslah minum kopimu; itu tidak akan mengganggu kemampuan ini," tutup Zabelina.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)