Mau Jadi Pendongeng yang Efektif untuk Anak? Ini Caranya

Sabtu, 09 Mei 2020 - 22:03 WIB
loading...
Mau Jadi Pendongeng yang Efektif untuk Anak? Ini Caranya
Pandemi virus corona membuat kita di rumah aja. Anak-anak pun kerap meminta lebih baik bermain dan menonton. Mengatasinya, Anda bisa mendongeng yang bermanfaat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona membuat kita harus jarak sosial dan di rumah aja. Bagi anak-anak, mereka dapat meminta dan kerap melakukan tawar-menawar untuk waktu bermain dan pemutaran film yang lebih banyak daripada belajar.

Mengatasi ini, ada baiknya Anda menceritakan kisah-kisah seru yang memiliki dampak abadi pada anak-anak, kisah yang membentuk pikiran mereka. Selain itu, dibutuhkan keterampilan mendongeng yang baik.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mempertajam keterampilan mendongeng Anda, seperti dilansir Times of India, ada beberapa kiat cemerlang untuk Anda:

1. Pilih cerita dengan bijak

Bagian pertama dari menceritakan kisah yang baik adalah memilih cerita dengan cermat. Anda tidak dapat meremehkan pentingnya dampak karakter fiksi ini pada pikiran anak. Jadi, alih-alih menempel pada gadis dalam dongeng yang menyedihkan, luangkan waktu dan cari cerita yang memberdayakan, tapi menghibur untuk anak Anda.

2. Tambahkan sedikit drama

Ya, kita berbicara tentang modulasi suara. Alih-alih hanya membaca cerita, berhenti sejenak dan hirup kehidupan ke dalam karakter. Jadi, ketika Anda mulai menceritakan sebuah kisah, jadilah karakter yang Anda bicarakan dan modulasikan suara Anda sesuai dengan itu. Ini akan membuat anak-anak tertarik pada cerita dan membantu mereka membayangkan karakter di kepala mereka.

3. Cetakan cerita sesuai dengan kebutuhan anak Anda

Bercerita adalah cara yang efektif untuk memberdayakan anak-anak Anda dan mengajarkan mereka pelajaran hidup tanpa terdengar khotbah. Misalnya, jika anak Anda menderita karena harga diri atau kepercayaan diri yang rendah, Anda dapat menceritakan sebuah kisah menawan tentang seorang underdog yang berjuang melawan para pengganggu. Kisah-kisah yang menginspirasi, seperti kisah nabi dan sahabat.

4. Pertahankan kontak mata, kapan pun Anda bisa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)