Explore Store Project Hasil Kreativitas Anak Muda Bandung

Kamis, 12 November 2020 - 22:25 WIB
loading...
Explore Store Project Hasil Kreativitas Anak Muda Bandung
Harga perlengkapan outdoor yang mahal membuat brand lokal mulai populer. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Jawa Barat memiliki banyak daya tarik wisata alam yang eksotis. Sebut saja Green Canyon di Pangandaran yang pesona terkenal hingga mancanegara. Juga kawasan Hutan Sacang yang menawarkan wisata kehidupan alam yang penuh dengan satwa liar yang dilindungi. Ada pula Kawah Putih Ciwidey dimana pengunjung bisa menikmati panorama kawah serba putih yang dikelilingi pegunungan kapur yang eksotis.

Semakin dikenalnya Jawa Barat sebagai destinasi wisata alam, membuat anak-anak muda di provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia ini semakin kreatif. Salah satunya dalam membaca peluang bisnis.

"Sejak lima tahun lalu kami mendirikan usaha kecil untuk menyasar kalangan menengah ke bawah sebagai segmentasi pasar dari setiap produk yang kami buat,''ujar pemilik Explore Store Project Ekki Veby Krismawan di Jakarta Kamis (12/11/2020). Explore Store Project merupakan salah satu brand lokal yang menyediakan outdoor gear (peralatan outdoor) di Bandung Jawa Barat. (Baca Juga : Kemenparekraf Terapkan Gerakan BISA di Taman Wisata Alam Tomohon )

Ekki menilai, saat ini perlengkapan outdoor memiliki harga jual sangat mahal. Untuk memiliki perlengkapan outdoor dari brand internasional seperti The North Face, Rab, Jack Wolfskin, hingga Deuter, seseorang harus merogoh kocek sangat dalam. Karenanya, Ekki berambisi menghadirkan produk outdoor equipment dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

"Selama ini aktivitas outdoor, traveling, dan sejenis, dianggap sebagai liburannya masyarakat kelas atas semata,"ungkapnya. Untuk menepis kesan itu, Ekki pun memutuskan untuk membuat perlengkapan outdoor lokal dengan harga yang lebih terjangkau. "Aktivitas outdoor adalah milik semua orang, bukan hanya orang kaya,"paparnya.

Produk pertama yang diproduksi yakni Hammock Explore yang mampu menampung dan menahan beban hingga 300 kilogram (kg). Ada juga Lazybed atau kasur udara yang merupakan salah satu outdoor gear yang dikenal dengan kemampuan multifungsi dan fleksibilitas guna dibawa ke mana-mana. Untuk Lazybed Explore sendiri, dibuat dari parasut nylon 210 T. (Baca Juga : Lima Destinasi Wisata Alam di Malang yang Menyejukkan )

"Saat mengembang karena di isi udara , Lazybed mampu menjelma menjadi sebuah alat menyerupai perahu yang mampu membuat penggunanya mengambang di atas air,"paparnya. Sedangkan Flysheer Explore berfungsi sebagai rain cover, alas tenda, tenda darurat, serta pelindung air. Produk ini memiliki jahitan ganda dan direkat dengan lem.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)