Teh Hijau dan Dua Buah Ini Miliki Potensi Lumpuhkan Coronavirus

Sabtu, 14 November 2020 - 19:07 WIB
loading...
Teh Hijau dan Dua Buah Ini Miliki Potensi Lumpuhkan Coronavirus
Studi tersebut menemukan bahwa jus dan teh ini mampu mencegah penyebaran infeksi dalam sel secara in vitro. / Foto: LINE Today
A A A
JAKARTA - Penelitian yang dilakukan Institute of Molecular Virology, Ulm University Medical Center, Technische Universität Dresden dan CogniVerde GmbH menemukan bahwa teh hijau, jus cranberry, dan jus delima memiliki potensi untuk membunuh SARS-CoV-2 penyebab pandemi Covid-19.

(Baca juga: Kenali Beragam Vitamin Terbaik untuk Kulit Kinclong )

Studi tersebut menemukan bahwa jus dan teh ini mampu mencegah penyebaran infeksi dalam sel secara in vitro. Para ilmuwan mencampurkan zat herbal dengan virus, termasuk virus influenza A, adenovirus tipe 5 dan SARS-CoV-2 , kemudian menginkubasinya pada suhu kamar dan menentukan infektivitas.

Ditemukan bahwa jus chokeberry mengurangi infektivitas hampir 3.000 kali lipat. Sedangkan jus buah delima, teh hijau dan jus elderberry, mengurangi infektivitas sekitar 10 kali lipat. Para ilmuwan juga menguji virus flu babi dan interaksinya dengan zat herbal.

Mereka menemukan bahwa keempat jus herbal menonaktifkan lebih dari 99% virus dalam waktu kurang dari 5 menit. Tercatat bahwa jus chokeberry menonaktifkan sekitar 97% SARS-CoV-2 setelah 5 menit, sementara jus delima dan teh hijau menonaktifkan sekitar 80% virus. Jus elderberry tidak berpengaruh pada SARS-CoV-2.

Seperti dilansir Times of India, Sabtu (14/11), para peneliti juga menemukan bahwa SARS-CoV-2 lebih tahan terhadap patogen lain, meskipun jus chokeberry cukup berguna. Jus buah delima dan teh hijau juga membantu mengurangi efek virus.

(Baca juga: Ini Langkah-Langkah Membuat Kroket Kentang )

Penulis penelitian menyarankan bahwa berkumur dengan teh dan jus ini diikuti dengan mengonsumsinya dapat menjadi strategi yang mudah dan efektif untuk mencegah SARS-CoV-2, terutama pada orang dengan risiko tinggi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)