Pendarahan Pascamelahirkan Seperti Sheila Marcia, Normalkah?

Rabu, 18 November 2020 - 10:48 WIB
loading...
Pendarahan Pascamelahirkan Seperti Sheila Marcia, Normalkah?
Pendarahan pascamelahirkan sering terjadi. Jika pendarahan berlebihan harus diwaspadai. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sheila Marcia mengalami banyak pendarahan setelah melahirkan anak keempatnya. Kabar ini dibagikan Sheila melalui unggahan foto di Instagram priabadinya belum lama ini. Beruntung, Sheila yang saat ini masih dalam tahap pemulihan selalu ditemani sang suami, Dimas Akira.

"Sampai detik ini aku harus recovery dari banyak pendarahan pun kamu stand by untuk aku. Gak sedetikpun kamu tinggalin aku kesakitan sendiri. Makasih suami hebatku @dmustakira I Love You," tulis Sheila.

Baca juga : Zaskia Sungkar Alami Sesak Napas Dikehamilan 5 Bulan

Wanita yang melahirkan baik secara normal atau caesar akan mengalami pendarahan dan keputihan setelah melahirkan. Ini dikenal sebagai lokia. Kondisi ini merupakan cara tubuh membuang darah dan jaringan ekstra di rahim yang telah digunakan untuk membantu pertumbuhan bayi.

Pendarahan terberat dapat terjadi dalam beberapa hari pertama setelah bayi lahir. Darah akan berwarna merah cerah, dan terdapat beberapa gumpalan selama beberapa hari pertama setelah melahirkan. Darah tidak boleh lebih besar dari seperempat. Anda harus memakai pembalut tingkat rumah sakit pada awalnya dan bisa kembali ke pembalut biasa nanti.

Dilansir dari WebMd, Rabu (18/11) Anda akan mengalami pendarahan lebih banyak saat membawa bayi pulang. Ini karena Anda sering berpindah-pindah. Jika ini terjadi, cobalah untuk tidak berdiri dan istirahat sebentar.

Terkadang juga normal untuk merasakan semburan darah saat Anda berdiri. Ini karena bentuk vagina. Darah terkumpul di area seperti cangkir saat duduk atau berbaring. Saat berdiri, darah keluar.

Setelah sekitar 10 hari, darah akan berkurang. Anda akan mengalami pendarahan ringan atau bercak hingga 6 minggu setelah melahirkan dan hanya dapat menggunakan pembalut, sedangkan tampon dapat menyebabkan infeksi.

Perdarahan hebat setelah melahirkan disebut perdarahan postpartum. Ini mempengaruhi hingga 5% wanita yang melahirkan dan kemungkinan besar terjadi 24 jam pertama setelah melahirkan. Tapi pendarahan hebat bisa terjadi kapan saja dalam 12 minggu pertama setelah bayi lahir.

Namun wasapadai jika Anda mengalami pendarahan yang cukup hebat. Ini dapat menyebabkan penurunan besar tekanan darah. Jika tekanan terlalu rendah, organ tidak akan mendapatkan cukup darah. Kondisi ini bisa menyebabkan syok, dan kematian. Itulah mengapa penting untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Baca juga : Manfaat Produk Herbal Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sheila Marcia baru saja melahirkan anak keempatnya. Sheila melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki secara normal pada Minggu (15/11). Bayi tersebut diberi nama Elijah Jerome Zev Emmanuel. Elijah lahir dengan berat 3,6 kg dan panjang 51 cm.

"Welcome to the world our baby boy Elijah Jerome Zev Emmanuel. Mommy and Daddy love you so much!. 15 November 2020. 8:43 PM. Berat 3.6 kg. Panjang 51 cm @dmustakira," tulis Sheila.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)