Tips Aman Olahraga di Tengah Pandemi COVID-19

Kamis, 19 November 2020 - 06:21 WIB
loading...
Tips Aman Olahraga di Tengah Pandemi COVID-19
Banyak olahraga bisa membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi. Foto/Uab.edu
A A A
JAKARTA - Olahraga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan orang, ikut serta dalam kegiatan olahraga akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum.

Tak hanya itu, ada banyak alasan lain mengapa Anda harus olahraga. Mulai dari pengurangan lemak tubuh, penguatan tulang, peningkatan stamina, dan fleksibilitas menjadi beberapa alasan mengapa seseorang harus berolahraga. Di sisi lain, olahraga mampu mengendalikan berat badan, memungkinkan Anda mendapat kepuasan mengembangkan kebugaran, dan keterampilan.

( )

Olahraga dapat pula membantu melawan depresi dan kecemasan. Banyak olahraga bisa membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi. Namun, adanya pandemi COVID-19 mengubah banyak hal, termasuk kegiatan olahraga. Karenanya, agar aman dan terhindar dari penularan virus corona baru, dokter menyarankan masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal saat olahraga di tengah pandemi.

"Ada hubungan antara olahraga dan imunitas. Di mana kurang gerak bisa berisiko tinggi terkena virus. Sementara intensitas olahraga yang cukup itu akan menaikkan imunitas. Jadi olahraga itu pada dasarnya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan," kata Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Andi Kurniawan, Sp.Ko kepada SINDOnews beberapa waktu lalu.

Berikut tips aman olahraga di tengah pandemi COVID-19.

1. Olaharaga di Rumah dan Dalam Keadaan Sehat
Olahraga di tempat umum dan berkelompok hingga saat ini belum direkomendasikan karena berisiko tinggi menjadi sumber penularan COVID-19. Dr. Andi menjelaskan, idealnya olahraga direkomendasikan sendiri di rumah atau olahraga di luar, tapi sendiri atau bersama anggota keluarga saja dengan tetap menggunakan proteksi.

"Karena saat pandemi yang bisa kita percaya itu anggota keluarga yang bebas dari corona. Tapi orang lain, anggota komunitas, itu ibaratnya masih jangan terlalu percaya. Kita nggak tahu kesehatan mereka seperti apa," jelas dr. Andi.



2. Berolahraga pada Kondisi Tubuh Sehat dan Fit
Pada saat tidak sehat atau kurang enak badan, pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk olahraga. Dr. Andi menyarankan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6771 seconds (0.1#10.140)