Pandemi Covid-19 Dorong The Rain Lakukan Hal yang Tak Biasa

Senin, 11 Mei 2020 - 03:21 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Dorong The Rain Lakukan Hal yang Tak Biasa
Tanpa harus bertemu secara langsung, para personel The Rain berhasil menyelesaikan single Gombal Itu Indah. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, membuat sebagian orang semakin kreatif dan tetap produktif meski hanya berada di rumah. Ini sebagaimana yang dilakukan band The Rain.

Tanpa harus bertemu secara langsung, para personel The Rain yakni yakni Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bas), dan Aang Anggoro (drum) mampu membuat single yang mereka beri judul Gombal Itu Indah. Ya, mereka melewati proses rekaman single terbaru itu dari rumahnya masing-masing.

Ide rekaman sebuah single tanpa bertemu sama sekali pada awalnya tercetus melalui rapat virtual yang dilakukan seluruh personel The Rain. Hal itu pun menjadi pengalaman pertama mereka, setelah lebih dari 18 tahun berkarya.

"Hal ini kami lakukan sekaligus untuk mengirimkan pesan semangat ke teman-teman di mana pun berada. Kami masih bisa tetap produktif di saat yang sulit ini," ungkap Indra melalui pernyataan tertulisnya, Minggu (10/5).

Menurut Indra, single Gombal Itu Indah mulanya ditulis untuk album ketiga, Serenade (2007). Namun, seiring waktu lagu tersebut tidak pernah masuk ke album Serenade maupun album-album berikutnya.

Sang gitaris, Iwan menambahkan bahwa dirinya sebagai menerima semua data mentah hasil rekaman yang telah dibongkar pasang aransemennya. Iwan pun menyelesaikan penggarapan mixing dan mastering dari rumahnya sendiri.

"Kami memang sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak The Rain menempuh jalur independen pada 2013. Namun, kali ini keadaannya benar-benar berbeda. Mau tidak mau semua harus dikerjakan dari rumah," ungkap Iwan.

Tidak berhenti sampai di situ, pengerjaan artwork hingga video lirik single ini juga dilakukan dari rumah. Untuk kali pertama The Rain berhasil menyelesaikan lagu yang proses pengerjaannya tanpa bertemu secara langsung.

"Keterbatasan kami dalam kondisi yang sekarang ini, justru memicu kreativitas kami. Bukan berarti di rumah saja, proses kreatif ikut berhenti. Kami tetap bikin karya," sahut Aang yang juga mengerjakan desain artwork Gombal Itu Indah.

Sementara itu, Gombal Itu Indah sudah bisa dinikmati di berbagai layanan streaming musik seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music. Video lirik juga sudah tersedia secara gratis di YouTube.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5972 seconds (0.1#10.140)