Jangan Kendor, Olahraga Harus Tetap Dilakukan pada Masa Pandemi

loading...
Jangan Kendor, Olahraga Harus Tetap Dilakukan pada Masa Pandemi
Olahraga memang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa orang beraktivitas dari rumah lewat karantina mandiri dan pembatasan jarak sosial. Sayangnya cara ini dirasa sulit bagi mereka yang terbiasa aktif olahraga di luar rumah.

Olahraga memang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Seorang pelatih, dokter, dan peneliti epidemiologi, dr Megan Roche memberikan rekomendasi tentang bagaimana sebaiknya olahraga di tengah pandemi ini. (Baca: Doa-doa Para Nabi yang Tercantum Dalam Alquran)

Haruskah berolahraga selama pandemi? "Olahraga dapat membantu mengelola stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan tingkat energi," kata dr Roche, seperti dilansir laman Runners World.

Namun, menurut dia, penting menyelaraskan tubuh dengan intensitas latihan. Peningkatan volume latihan justru membuat imunitas lemah. Jika ada gejala flu ringan, sebaiknya kurangi durasi dan intensitas olahraga.



Bolehkah berolahraga di luar rumah? Menurut dr Roche, tidak salah olahraga di luar selama Anda mematuhi aturan yang berlaku di wilayah Anda. Tetap jaga jarak fisik, dan lakukan di sekitar rumah saja untuk mendapat asupan cahaya matahari. (Baca juga: Menggagas Pengganti Terbaik UN)

Namun, alangkah bijak untuk menahan diri olahraga di luar rumah dan berkelompok. Kenapa tidak mencoba rutinitas baru, olahraga dalam ruangan, seperti naik turun tangga, yoga, atau angkat beban.

Sementara itu, mengingat banyak event olahraga harus dibatalkan karena korona, seharusnya bisa membuat Anda lebih dewasa. Bisa jadi lokasi olahraga langganan Anda terkontaminasi virus. Jadi sebaiknya menahan diri olahraga di luar rumah. (Lihat videonya: Bupati Bogor Ade Yasin Terkonfirmasi Covid-19)



Dr Roche mengatakan, untuk tetap memperhatikan kedekatan fisik dengan orang lain saat di dalam ruangan atau di luar ruangan. Coba gerakan-gerakan yoga, pilates, HIIT yang praktis bisa dilakukan dari rumah. Setiap aksi kecil ini tentu untuk saling mendukung memerangi pandemi. (Iman Firmansyah)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top