Kunyit Ternyata Lebih Efektif Mengurangi Nyeri Lutut

Sabtu, 21 November 2020 - 08:20 WIB
loading...
Kunyit Ternyata Lebih Efektif  Mengurangi Nyeri Lutut
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Terlepas dari sifat antiseptiknya, kunyit ternyata lebih efektif dalam mengurangi nyeri lutut pada pasien dengan osteoartritis lutut. Meskipun beban penyakitnya besar, tidak ada obat pengubah penyakit yang disetujui tersedia untuk diobatiosteoartritis, menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh Dr Benny Antony, dalam jurnal medis, Annals of Internal Medicine.

“Osteoartritis adalah kelainan sendi paling umum pada orang dewasa di seluruh dunia. Mengingat meningkatnya prevalensi penyakit dan kurangnya strategi pengobatan yang efektif, semakin banyak suara yang terdengar dari berbagai organisasi rheumatology dan arthritis untuk mengenali osteoartritis sebagai penyakit serius," kata Dr Antony.

Baca juga : Frisian Flag dan Pergizi Pangan Wujudkan Keluarga Sehat

"Karena itu, kebutuhan mendesak akan obat-obatan yang lebih aman dan efektif untuk mengobati osteoartritis sangat dibutuhkan," sambungnya.

Dr Antony menjelaskan, kunyit semakin populer dan terapi anti-inflamasi berbagai penyakit. Dilansir dari Times of India, Sabtu (21/11) penelitian sebelumnya pada osteoartritis telah menunjukkan bahwa berbagai formulasi ekstrak kunyit efektif dan aman untuk pengobatan osteoartritis.

"Kami memutuskan untuk memilih fenotipe inflamasi pasien osteoartritis lutut yang mungkin mendapat manfaat dari terapi anti inflamasi alami yang aman," jelasnya.

Ada 15 uji klinis di bidang ini. Sebagian besar uji coba ini telah dilakukan di Asia dan tidak ada uji coba di AS atau Australia. Tidak ada penelitian yang mengeksplorasi efek kunyit pada tindakan struktural lutut menggunakan MRI.

"Kami secara acak menugaskan 70 peserta dengan osteoartritis lutut bergejala dan bukti USG efusi (pembengkakan di dalam sendi lutut) untuk menerima 2 kapsul per hari selama 12 minggu untuk menentukan kemanjuran untuk mengurangi gejala lutut dan pembengkakan sendi," ungkapnya.

"Setelah 12 minggu, kami menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi suplemen kunyit melaporkan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan kelompok plasebo tanpa efek samping. Selain itu, peserta dalam kelompok kunyit mengonsumsi lebih sedikit obat pereda nyeri dibandingkan dengan peserta dalam kelompok plasebo," lanjutnya.

Nyeri adalah ciri osteoartritis yang paling umum dan hanya ada korelasi sedang antara nyeri dan patologi struktural osteoartritis. Ditemukan, bahwa pengobatan mengurangi rasa sakit, tetapi tidak ada perbedaan dalam ukuran struktural perkembangan osteoartritis yang diukur menggunakan MRI.

"Studi terbaru menunjukkan bahwa kita mungkin harus memiliki obat yang berbeda untuk modifikasi struktur dan gejala pada osteoartritis," paparnya.


Baca juga : Wah, Sepatu Anak Air Jordan 1 Retro High OG Jadi Rebutan

Menurutnya, kunyit varietas Alappuzha lebih efektif karena mengandung hampir 6% kurkumin yang merupakan komponen aktif utama yaitu bagian kuratif yang kuat pada kunyit. Namun, tubuh tidak menyerap kunyit dengan efektif.

"Kami juga menggunakan kurkumin dan minyak kunyit untuk obat yang digunakan dalam penelitian ini," tandasnya.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)