5 Fakta Menarik Perilaku Traveling di Liburan Akhir Tahun

Kamis, 26 November 2020 - 17:45 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Perilaku Traveling di Liburan Akhir Tahun
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Liburan akhir tahun 2020 sudah di depan mata. Euforia liburan akhir tahun biasanya sudah mulai menggema jauh-jauh hari sebelum waktunya tiba. Tetapi, keadaan saat ini berbeda karena adanya pandemi COVID-19. Pandemi juga berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat, salah satunya dalam hal traveling.

Pegipegi , sebuah situs dan aplikasi perjalanan akomodasi wisata melakukan survei untuk mengetahui perilaku traveling akhir tahun masyarakat Indonesia yang dilaksanakan pada 9 - 16 November 2020 dengan 1.490 responden lebih yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut 5 fakta menariknya :

1. Sebanyak 75% Masyarakat Indonesia Berencana untuk Liburan Akhir Tahun 2020

Sebanyak 75% masyarakat Indonesia berencana untuk melakukan traveling pada akhir tahun 2020. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar masyarakat berkeinginan untuk kembali bepergian bertepatan dengan momen liburan akhir tahun yang mempunyai tanggal merah dari tanggal 24 Desember 2020 - 1 Januari 2021. Diketahui dari periode libur panjang akhir Oktober lalu, terjadi peningkatan pemesanan hotel dan tiket pesawat hingga dua kali lipat dibandingkan periode new normal pada hari biasa. Data tersebut sejalan dengan hasil survei keinginan masyarakat untuk traveling pada periode akhir tahun 2020 ini.

Baca juga : Rahasia Kecantikan Turun-temurun Wanita China yang Patut Dicoba

2.Beberapa Faktor Keamanan Membuat Masyarakat Yakin untuk Traveling Kembali

Dalam survei diketahui bahwa ada beberapa faktor yang membuat masyarakat yakin untuk melakukan traveling kembali, di antaranya adalah patuh akan protokol kesehatan (66%), percaya tempat yang akan dikunjungi telah menerapkan protokol kesehatan (65%), merasa dalam keadaan sehat (31%). Beberapa di antara responden juga mengatakan bahwa mereka membutuhkan refreshing setelah dalam periode waktu yang lama menjalani karantina mandiri.

3.Jenis Traveling Aman yang Dilakukan Seperti Roadtrip dengan Kendaraan Mobil

Bagi masyarakat yang berencana untuk traveling pada periode akhir tahun, sebanyak 45% memilih untuk bepergian keluar kota menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya. Disusul oleh bepergian ke luar kota menggunakan pesawat terbang (30%), staycation di hotel dalam kota (11%), ke luar kota menggunakan kereta (10%), dan ke luar kota menggunakan bus atau travel (4%). Berdasarkan data tersebut, dapat diprediksi bahwa destinasi yang dekat dengan kota domisili akan menjadi favorit pada liburan akhir tahun nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)