Daftar Film Hasil Seleksi Festival Cannes Diumumkan Juni

Senin, 11 Mei 2020 - 22:04 WIB
loading...
Daftar Film Hasil Seleksi Festival Cannes Diumumkan Juni
Ketimbang menyelenggarakan secara virtual, panitia Festival Film Cannes memilih memindahkan penayangan film-filmnya di luar jadwal Cannes dengan cara berkolaborasi dengan festival sejenis di kota lain. Foto/Courtesy FIF/Cannes Film Festival
A A A
JAKARTA - Penyelenggara Festival Film Cannes bakal mengumumkan daftar film yang masuk seleksi untuk mengikuti ajang tersebut pada awal Juni mendatang. Hanya, mengenai perhelatannya, panitia Cannes agaknya harus mengesampingkan kemungkinan untuk menyelenggarakan festival tahunan itu secara fisik sebagai dampak pandemi COVID-19.

Sebaliknya, Cannes telah memutuskan untuk bergabung dengan festival film di kota lain seperti Venice, Toronto, Deauville, Angouleme, San Sebastian, New York, Busan, dan Lyon.

Khusus untuk Festival Film Venice, dijadwalkan akan berlangsung pada musim gugur mendatang. Nantinya, film yang masuk seleksi Cannes bakal ditayangkan dalam ajang di Venice. (Baca Juga: Film Gundala Akan Jelajahi Bioskop Amerika Juli Mendatang)

"Hingga saat ini, pergelaran secara fisik tampaknya akan sulit terselenggara. Jadi kami akan lanjut dengan mengumumkan daftar film hasil seleksi pada awal Juni mendatang," kata salah seorang juru bicara Festival Film Cannes, seperti dikutip dari laman Variety.

Pernyataan sang juru bicara ini sekaligus mengonfirmasi hal serupa yang disampaikan Direktur Cannes Thierry Fremaux pada Minggu (10/5) lalu kepada Screen Daily.

Ketimbang menyelenggarakan festival secara virtual, panitia Cannes memilih memindahkan penayangan film-filmnya di luar jadwal Cannes dengan cara berkolaborasi dengan festival sejenis di kota lain. Semisal Festival Film Venice, di mana pembicaraan mengenai hal tersebut sudah dilakukan oleh kedua belah pihak.

Keputusan untuk tetap menayangkan film yang ikut dalam Festival Cannes merupakan bagian dari komitmen pimpinan Cannes untuk membantu mendatangkan kembali para penonton ke bioskop pada musim gugur mendatang. (Baca Juga: Gareth Evans Ungkap Plot The Raid 3 yang Libatkan Christine Hakim)

"Sinema dan industri terkait sedang mengalami ancaman. Kami akan membangun kembali, menegaskan lagi pentingnya film tetap ditayangkan melalui energi, kesatuan, dan solidaritas," kata Fremaux.

Cannes, lanjut Fremaux, tidak akan mengumumkan semua film yang masuk seleksi, melainkan hanya beberapa yang memang sudah dijadwalkan tayang di bioskop dalam bulan ini hingga musim semi mendatang. Film tersebut kemudian bakal diberi label "Cannes 2020".

Sementara, proses seleksi film untuk Festival Cannes tahun depan akan dimulai pada musim gugur mendatang. Film yang sudah diseleksi untuk ajang tahun ini namun ditunda perilisannya selama setahun bakal dipertimbangkan masuk ke Festival Cannes 2021.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)