7 Minuman Herbal yang Dapat Perkuat Daya Tahan Tubuh

Minggu, 29 November 2020 - 03:03 WIB
loading...
7 Minuman Herbal yang Dapat Perkuat Daya Tahan Tubuh
Ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal. / Foto: Ilustrasi/Pegipegi
A A A
JAKARTA - Penting untuk perkuat daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Daya tahan tubuh bertanggung jawab untuk mencegah dan melawan infeksi. Ketika daya tahan tubuh kuat, Anda akan lebih mampu untuk menangkal penyakit. Ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal .

(Baca juga: WHO Sebut Covid-19 Dapat Dikendalikan dengan Vaksin )

Anda bisa menggunakan herbal yang sudah tersedia di rumah, mulai dari jahe, kunyit, ginseng, temulawak, sereh, kayu manis dan lainnya yang telah terbukti manfaatnya untuk kesehatan. Herbal memiliki beberapa sifat penyembuhan untuk tubuh dan pikiran. Berikut minuman herbal yang dapat perkuat daya tahan tubuh dikutip dari berbagai sumber.

1. Empon-Empon

Empon-empon dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal Covid-19. Akibatnya empon-empon kini laris manis di pasaran, diserbu masyarakat. Pada dasarnya empon-empon merupakan rempah-rempah kelompok rimpang seperti kunyit, temulawak, serta jahe yang merupakan obat-obatan tradisional peninggalan nenek moyang.

Beberapa tanaman herbal jenis rimpang ini telah diteliti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, maupun antivirus. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, empon-empon bisa dibuat sendiri di rumah.

2. Wedang Jahe

Wedang jahe mengandung beragam molekul antioksidan untuk tangkal penyakit. Rebusan jahe ini memiliki sifat antiradang, merangsang sistem imun, serta terbukti mengatasi mual dan meredakan nyeri akibat menstruasi. Wedang jahe juga bisa mencegah tukak lambung dan meredakan sembelit.

3. Wedang Sereh

Wedang sereh kaya akan efek antioksidan, antimikroba, hingga anti-peradangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wedang sereh berpotensi untuk menurunkan risiko kanker. Konsumsi rutin wedang sereh layak dicoba untuk mereka yang sedang diet, karena memiliki efek diuretik dan berpotensi untuk turunkan berat badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)