WHO Sebut Covid-19 Dapat Dikendalikan dengan Vaksin

Sabtu, 28 November 2020 - 10:33 WIB
loading...
WHO Sebut Covid-19 Dapat Dikendalikan dengan Vaksin
Pakar darurat utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan mengatakan vaksin COVID-19 memungkinkan untuk mengatasi virus corona pada 2021. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pakar darurat utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan mengatakan vaksin COVID-19 akan memungkinkan dunia untuk mengendalikan penyakit tersebut pada 2021.

Meski demikian, Ryan mengatakan, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan dan menjaga jarak. Adanya vaksin corona bukan berati kasus COVID-19 menjadi nol. (Baca juga: Fungsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan )

"Kehidupan seperti yang dulu kita ketahui, saya pikir itu sangat, sangat mungkin, tetapi kita harus melanjutkan dengan kebersihan, jarak fisik," kata Mike Ryan kepada televisi RTE di negara asalnya, Irlandia.

"Vaksin tidak sama dengan nol COVID. Menambahkan vaksin ke tindakan kita saat ini akan memungkinkan kita untuk benar-benar menghancurkan kurva tersebut, hindari penguncian dan dapatkan kendali progresif atas penyakit," lanjutnya seperti dilansir Reuters, Sabtu (28/11).

Ryan kemudian mengingatkan penularan virus corona baru di keluarga melalui sejumlah perayaan, seperti Hari Natal mendatang. Karenanya, dia meminta masyarakat memperhatikan potensi penularan tersebut dengan mengatur rumah yang tepat.

"Kita harus benar-benar sadar bahwa kita perlu mengurangi kemungkinan kita dapat menulari orang lain hanya dengan mengatur rumah tangga dengan hati-hati di sekitar perayaan Natal. Hal yang biasa di Irlandia dari 15 orang di dapur mengupas kentang dan mengolesi kalkun," tandasnya. (Baca juga: BTS dan BLACKPINK Masuk Nominasi Person of the Year 2020 Majalah TIME )
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)