Langkah Tepat Jadikan Anak Miliki Tinggi Ideal

loading...
Langkah Tepat Jadikan Anak Miliki Tinggi Ideal
Tubuh anak mengeluarkan kapasitas maksimumnya antara usia 3 hingga 11 tahun. Foto Ilustrasi/FirstCry Parenting
JAKARTA - Para orangtua selalu stres tentang kesehatan anak-anak mereka, terutama pada tahap awal pertumbuhan. Di zaman sekarang, anak-anak juga lebih suka junk food dibandingkan mengonsumsi makanan rumahan yang lebih sehat.

Makanan yang sehat penting bagi anak, karena nutrisi yang tepat dapat membantu pertumbuhan mereka secara keseluruhan. Ini adalah alasan mengapa para ibu khawatir tentang apa yang dimakan anak-anak mereka dan berusaha membuat si buah hati makan lebih banyak sayuran hijau.

(Baca Juga: Hari AIDS Sedunia, Masyarakat Harus Berdiri dan Berbagi Tanggung Jawab )

Tubuh anak mengeluarkan kapasitas maksimumnya antara usia 3 hingga 11 tahun dan itu adalah waktu yang ideal untuk memperkenalkan kegiatan yang membuat mereka tumbuh secara optimal. Berikut cara untuk membantu pertumbuhan tinggi dan berat anak, seperti dilansir dari laman Boldsky.



1.Menjaga Pola Makan Bergizi
Ini adalah faktor yang sangat penting di mana anak mengonsumsi jenis makanan yang tepat dengan nutrisi lengkap. Diet seimbang terdiri dari susu, telur, sayuran, oatmeal, dan lain-lain di mana vitamin, karbohidrat, protein, serta lemak terpenuhi dalam jumlah yang memadai. Orangtua harus menjauhkan anak dari junk food yang kurang bahan makanan sehat.

2. Konsumsi Protein dalam Jumlah Tepat
Protein dianggap sebagai bahan pembangun tubuh. Vitamin B3 juga merupakan unsur penting untuk pertumbuhan. Makanan seperti ayam, telur, kacang kedelai, dan kacang merah kaya akan protein. Sementara ikan tuna, jamur, kacang hijau, alpukat, dan kacang tanah adalah sumber vitamin B3 yang amat baik.

3. Melompat secara Teratur
Melompat adalah kegiatan kardio yang luar biasa untuk menjaga anak-anak tetap sehat dan bugar. Aktivitas ini dapat merefleksikan seluruh tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung. Latihan ini juga membantu meregangkan seluruh tubuh, sehingga meningkatkan pertumbuhan vertikal anak.



(Baca Juga: Hari AIDS Sedunia, ODHA Tetap Harus Ikuti Pedoman Pencegahan Covid-19 )

4. Jogging
Lari dengan intensitas sedang seperti jogging adalah kegiatan menyenangkan, yang tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa. Aktivitas ini dapat membangun otot-otot tulang, serta meningkatkan stamina pada anak-anak. Mereka akan menyukai rutinitas ini jika orangtua menemani saat jogging.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top