Gitar Kurt Cobain yang Dilelang Ternyata Masih Bersengketa Hukum

Selasa, 12 Mei 2020 - 13:30 WIB
loading...
Gitar Kurt Cobain yang Dilelang Ternyata Masih Bersengketa Hukum
Foto kolase Courtney Love, Kurt Cobain, dan Frances Bean Cobain. Gitar Cobain yang akan dilelang masih dipersengketakan pihak keluarga. Foto/Ilustrasi/Pagesix.com
A A A
JAKARTA - Gitar akustik milik Kurt Cobain bakal dilelang bulan depan. Kabar tersebut muncul di tengah perjuangan putri serta mantan istri Cobain, Frances Bean Cobain dan Courtney Love, untuk mendapatkan kembali gitar tersebut. Dua wanita dalam hidup Kurt Cobain itu bahkan sudah menempuh jalur hukum demi merebut gitar yang dilaporkan kini berada di tangan mantan suami Frances, Isaiah Silva.

Upaya hukum terakhir Love dan Frances dilakukan pada Juli tahun lalu. Namun, kabar yang beredar saat ini malah menyebut, gitar itu akan dilelang pada Juni 2020. Belum jelas siapa pihak yang ingin menjual gitar tersebut. Namun, spekulasi yang muncul menuding bahwa Silva-lah yang berada di balik ide penjualan gitar Cobain, mengingat selama ini Love diketahui amat menyayangi instrumen musik itu dengan menyebutnya sebagai "pusaka harta karun keluarga". (Baca Juga: Gitar Kurt Cobain di Acara MTV Unplugged Dilelang)

Kasus rebutan gitar ini bermula pada 2014, saat Frances menikah diam-diam dengan Isaiah Silva lalu bercerai dua tahun kemudian. Usai mereka berpisah, Silva diketahui menyimpan gitar Martin D-18E yang dipersengketakan itu dengan alasan Frances telah memberikan kepadanya sebagai hadiah pernikahan. Makanya, Silva menolak mengembalikan.

Love jelas menentang klaim Silva itu. "Bukan milik dia. Gitar itu adalah pusaka harta karun keluarga kami. Bukan hak dia untuk mengambilnya," kata Love beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari laman Page Six.

Sejumlah cara dilakukan Love untuk merebut kembali gitar itu, termasuk menempuh jalur hukum, namun belum berhasil. Apalagi pada 2018, pengadilan telah memutuskan gitar diserahkan kepada Silva sebagai bagian dari divorce settlement-nya dengan Frances. Namun, sengketa belum berhenti sampai di situ. Sebab, tak lama kemudian Silva gantian mengajukan gugatan hukum terhadap Love dan beberapa orang lain yang dituding telah berupaya membunuhnya demi mendapatkan gitar Cobain itu.

Terakhir pada Juli tahun lalu, Love mengajukan gugatan hukum kembali, dan salah satu tuntutannya adalah agar Silva mendapatkan evaluasi psikologis.

Seperti diberitakan sebelumnya, gitar Kurt Cobain yang digunakan dalam program MTV Unplugged pada 1993 akan dilelang Juni mendatang melalui rumah lelang Julien’s Auctions. Sebelum dilelang di Beverly Hills, gitar itu rencananya akan dipajang di Hard Rock Cafe London. (Baca Juga: Elon Musk: Dalam 10 Tahun Manusia Bisa Bicara Tanpa Kata)

Sejauh ini baik Love maupun Frances belum memberikan komentar mengenai rencana lelang tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)