Gitar Kurt Cobain di Acara MTV Unplugged Dilelang

Selasa, 12 Mei 2020 - 11:01 WIB
loading...
Gitar Kurt Cobain di Acara MTV Unplugged Dilelang
Penampilan Nirvana dalam MTV Unplugged pada 1993, lima bulan sebelum Kurt Cobain tewas. Foto/Frank Micelotta Archive/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gitar akustik yang pernah digunakan Kurt Cobain saat tampil bersama bandnya dalam program MTV Unplugged pada 1993 akan dilelang. Harga pembukaan lelang adalah USD1 juta atau sekitar Rp15 miliar.

Gitar klasik Martin D-18E yang diproduksi pada 1959 itu digunakan oleh Cobain lima bulan sebelum vokalis band Nirvana tersebut tewas dalam usia 27 tahun.

Konser Nirvana di New York yang disiarkan MTV melalui program Unplugged merupakan salah satu pertunjukan paling diingat sepanjang masa, seiring penjualan album mereka yang sukses kala itu.

Gitar Cobain akan dijual kepada publik secara live dan online melalui rumah lelang Julien’s Auctions di Beverly Hills pada 19-20 Juni mendatang. (Baca Juga: Peringati 35 Tahun Air Jordan, Sepatu Michael Jordan Itu Dilelang)

“Julien’s Auctions dengan bangga menawarkan gitar bersejarah milik Kurt Cobain, yang telah mengguncang industri musik dan budaya pop lewat penampilannya bersama Nirvana dalam MTV Unplugged di New York," kata Direktur Julien’s Auctions Darren Julien, seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (12/5).

Julien menambahkan, gitar tersebut telah menjadi bagian dari sejarah rock n roll lantaran pernah dimainkan oleh salah satu musisi rock paling berpengaruh di dunia, sekaligus ikon musik dan pertunjukan live yang paling diingat sepanjang masa.

Gitar Cobain yang dilelang itu akan disertai pula dengan hard-shell case orisinalnya yang dihiasi flyer album "Feel the Darkness" milik band punk rock di era 1990-an, Poison Idea. Pada case tersebut juga masih tertera tiga tiket baggage claim pesawat serta stiker berlogo Alaska Airlines. (Baca Juga: Turunkan Level Penguncian, Selandia Baru Izinkan Mal, Bioskop, dan Cafe Buka)

Selain gitar akustik, lelang juga akan dilakukan terhadap item-item lain milik Nirvana. Di antaranya gitar Fender Strat yang pernah digunakan Cobain saat tampil dalam tur konser album "In Utero" pada 1994 serta kemeja berwarna metalik yang dipakai sang musisi dalam video musik Heart-Shaped Box.

Tahun lalu, kardigan lusuh Cobain yang dipakainya dalam MTV Unplugged juga sudah dilelang melalui Julien’s Auctions dengan harga USD334.000 atau sekitar Rp5 miliar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)