5 Mitos dan Fakta tentang Makeup yang Wajib Diketahui Wanita

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:14 WIB
loading...
5 Mitos dan Fakta tentang Makeup yang Wajib Diketahui Wanita
Dalam hal kecantikan dan tata rias, sedikit yang disadari bahwa banyak dari hal yang selama ini dipercaya ternyata tidak benar. / Foto: Ilustrasi/Divine Elements
A A A
JAKARTA - Dalam hal kecantikan dan tata rias , sedikit yang disadari bahwa banyak dari hal yang selama ini dipercaya ternyata tidak benar. Baik itu bagaimana pelembap harus diaplikasikan, penggunaan bedak untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit, perdebatan antara foundation dan concealer untuk menutupi flek dan banyak lagi.

(Baca juga: Hati-Hati, Gondongan Menyebar dengan Cara seperti Pilek dan Flu )

Itu semua hanyalah sebagian dari mitos paling umum yang banyak dipercaya para wanita. Berikut lima mitos dan fakta makeup menurut guru kecantikan Shahnaz Husain seperti dinukil dari Pink Villa, Kamis (10/12).

1. Mitos: Foundation adalah suatu keharusan di musim panas, terutama untuk kulit berminyak.
Fakta : Foundation tidak perlu diaplikasikan, apalagi di siang hari. Bedak padat dapat digunakan. Ini mengurangi tampilan berminyak dan memberikan tekstur kulit yang halus.

2. Mitos: Pelembab harus diaplikasikan sebelum foundation.
Fakta : Pelembab sebaiknya dioleskan sebelum mengaplikasikan foundation hanya jika kulit dalam keadaan normal kering. Untuk kulit normal hingga berminyak, oleskan astringent lotion atau skin tonic terlebih dahulu. Tunggu beberapa menit lalu gunakan foundation.

3. Mitos: Sebaiknya gunakan foundation yang jauh lebih terang dari warna kulit normal, agar terlihat lebih cerah.
Fakta : Sebenarnya, foundation harus sedekat mungkin dengan warna kulit normal Anda. Ini akan membantu memadukan foundation dan membuatnya terlihat lebih alami. Dengan menggunakan bronzer atau blush on di atas tulang pipi, seseorang bisa memberikan kilau pada kulit.

4. Mitos: Concealer membantu menghilangkan noda.
Fakta : Sebenarnya, concealer hanya membantu noda gelap dengan membuatnya terlihat lebih terang. Foundation lebih membantu dalam menyembunyikan noda. Ambil foundation yang satu tingkat lebih terang. Oleskan sedikit saja pada noda dan tepuk-tepuk. Hindari menyebarkannya. Tunggu beberapa menit dan kemudian gunakan foundation biasa Anda.

(Baca juga: Yuk, Buat Tahu Crispy yang Renyahnya Bikin Ketagihan )

5. Mitos: Bedak membantu mengurangi sifat berminyak di musim panas.
Fakta : Bedak memang membantu mengurangi sifat berminyak di musim panas, tetapi sangat sedikit yang harus diterapkan. Bersihkan sisa dengan kapas. Bedak yang terlalu banyak bisa membuat wajah menjadi lecet atau bercak-bercak, akibat keringat. Bedak mengendap di beberapa area, terutama di tempat yang ada garis-garis kecil, seperti di sekitar mata.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)