Angkat Karya Penulis yang Pernah Komentar Negatif tentang Korea, Drama Mr Queen Tuai Kontroversi

Rabu, 16 Desember 2020 - 18:29 WIB
loading...
Angkat Karya Penulis yang Pernah Komentar Negatif tentang Korea, Drama Mr Queen Tuai Kontroversi
Mr. Queen didasarkan pada drama web Tiongkok, yang diadaptasi dari novel karya seorang penulis yang telah membuat komentar negatif tentang Korea. Foto/Soompi
A A A
SEOUL - Untuk menanggapi kontroversi yang muncul sebelum dan sesudah episode pertama ditayangkan, tim produksi Mr. Queen mengeluarkan pernyataan pada 15 Desember lalu.

Mr. Queen adalah drama komedi fantasi sejarah tentang seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama ini ditayangkan perdana pada 12 Desember 2020.

( )

Mr. Queen didasarkan pada drama web Tiongkok berjudul Go Princess Go, yang diadaptasi dari sebuah novel karya seorang penulis yang telah membuat komentar negatif tentang Korea dalam karya lain. Mr. Queen dikritik oleh beberapa orang karena mendramatisir karya penulis seperti itu.

Beberapa orang juga mengatakan, meskipun dapat dimengerti bahwa situasi komedi akan terjadi dalam pertunjukan karena genrenya, drama tersebut melewati batas mengingat karakternya didasarkan pada orang sungguhan.

Kontroversi lain terjadi pada episode 2 di mana karakter yang merujuk pada The Annals of the Joseon Dynasty sebagai jirashi. Sejarah Dinasti Joseon adalah catatan tahunan dinasti tersebut dan ditetapkan sebagai harta nasional ke-151 Korea.

Catatan sejarah, yang terdiri dari total 1.893 volume, juga terdaftar dalam daftar Memori Dunia UNESCO. Jirashi adalah bentuk buletin yang berisi informasi pribadi yang belum dikonfirmasi, yang mungkin termasuk rumor dan spekulasi.

Menurut laman Soompi, Rabu (16/12), kemarin tim produksi Mr. Queen sudah merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa Mr. Queen direncanakan setelah membeli hak siaran ulang televisi untuk drama web Go Princess Go yang disiarkan di China oleh perusahaan produksi drama. Apa yang dibeli dari perusahaan produksi adalah hak siaran ulang televisi untuk drama web, bukan novel aslinya.

"Ini adalah tim produksi dari drama Mr. Queen. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada pemirsa yang menyukai drama Mr. Queen, dan kami membagikan pernyataan berikut terkait opini penonton. Pada saat kontrak, kami tidak mengetahui bahwa ada komentar negatif yang dibuat tentang Korea di karya lain, Princess Amity, oleh novelis yang menulis karya asli drama web Go Princess Go," jelas tim produksi.

Setelah sejumlah besar perencanaan dan produksi telah dilakukan untuk drama tersebut, tim produksi memastikan fakta ini melalui komunitas online. Meskipun demikian, mereka dengan tulus meminta maaf kepada pemirsa karena tidak mengetahui hal ini sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)