Begini Cara Memanfaatkan Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

Jum'at, 18 Desember 2020 - 12:33 WIB
loading...
Begini Cara Memanfaatkan Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut
Masih banyak wanita yang belum sadar akan lidah buaya yang kaya manfaat,khususnya untuk kecantikan. Tak hanya untuk kulit, juga untuk kesehatan rambut. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Masih banyak wanita yang belum sadar akan manfaat lidah buaya yang kaya,khususnya untuk kecantikan. Tak hanya untuk kulit, juga untuk kesehatan rambut.

Lidah buaya dapat memberikan kelembapan pada kulit. Tapi, Dermatology Group di Brooklyn dan ahli trikologi bersertifikat Michelle Blaisure, dari Bosley dan Professional Nava Greenfield MD mengatakan, lidah buaya juga bermanfaat untuk rambut. (Baca juga: 10 Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman )

Blaisure mengatakan lidah buaya kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak. Dr. Greenfield menambahkan bahwa lidah biaya juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, itulah sebabnya tanaman yang satu ini biasa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan iritasi kulit.

Sekarang kita tahu lidah buaya memiliki semua khasiat hebat ini, apa sebenarnya artinya bagi rambut Anda? "Jika Anda mencari di internet, Anda mungkin menemukan cerita dari orang-orang yang bersumpah bahwa itu membuat rambut mereka lebih tebal atau tumbuh lebih cepat. Pada kenyataannya, tidak ada studi aktual tentang ini, hanya anekdot pribadi dan klaim penggunaan tradisional," kata Blaisure.

Menurut Dr. Greenfield, ada penelitian yang menunjukkan efek menguntungkan lidah buaya pada kulit, dan ada kemungkinan lidah buaya dapat membantu pertumbuhan rambut dengan mengatasi dan menenangkan peradangan.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan rambut, yang secara kolektif disebut sebagai alopecia,” kata Dr. Greenfield. (Baca juga: Raffi Ahmad Penasaran Rafathar Dapat Jatah Apartemen dari Rieta Amalia )

Lidah buaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut jika penyebab alopecia adalah kondisi peradangan. Lebih mungkin lidah buaya berkontribusi pada kesehatan rambut karena kondisi dan melembabkan rambut dan kulit kepala.

"Hidrasi yang tepat adalah suatu keharusan untuk rambut sehat dan pelindung kulit," tutur Dr. Greenfield.

Blaisure merekomendasikan penggunaan lidah buaya pada kulit kepala untuk manfaat kulit dan pada rambut sebagai pembersih ringan untuk menghilangkan minyak dan membuat rambut lembut dan berkilau.

“Karena teksturnya yang seperti gel dalam bentuk mentahnya, lidah buaya bertindak sebagai bahan pembersih ringan, jadi paling baik digunakan pada kulit kepala dan rambut lalu dibilas karena mungkin akan terasa lengket jika dibiarkan di rambut,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)