Olivia Zalianty Peringati Hari Bela Negara dengan Beragam Kegiatan

Jum'at, 18 Desember 2020 - 21:09 WIB
loading...
Olivia Zalianty Peringati Hari Bela Negara dengan Beragam Kegiatan
Olivia Zalianty melakukan rangkaian panjang dan upaya tak henti-henti untuk terus menggelorakan semangat bela negara. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Setiap 19 Desember diperingati Hari Bela Negara . Meski saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun itu tidak melunturkan sekelompok generasi muda untuk menolak lupa pentingnya momentum Hari Bela Negara.

(Baca juga: Terpapar Covid-19, Pevita Pearce Ingatkan Siapapun Bisa Terjangkit )

Sebagai bagian dalam kelompok tersebut, aktris Olivia Zalianty melakukan rangkaian panjang dan upaya tak henti-henti untuk terus menggelorakan semangat bela negara. Pada peringatan Hari Bela Negara tahun ini, Olivia menggelar serangkaian acara, mulai dari upacara bendera, peluncuran novel sejarah, pembacaan puisi, dan melukis.

Olivia, yang juga tercatat sebagai Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya, mengemas rangkaian acara tersebut dalam sebuah acara bertajuk Puisi Bela Negara. Dengan mematuhi anjuran pemerintah, upacara bendera pun dilakukan secara virtual taping di halaman Gedung TVRI, Jakarta pada 13 Desember lalu.

Pelaksanaan upacara bendera itu sendiri diikuti relawan BNPB, Kwarnas Pramuka, Perpusnas, Karyawan TVRI, dan seniman generasi lintas budaya. Sebagai pembina upacara terdapat Ketua Mahkamah Konstitusi 2003-2008 sekaligus Penasihat Yayasan Generasi Lintas Budaya, Prof Jimly Assiddiqie, SH.

Tepat pada Hari Bela Negara, Olivia juga mengkoordinir acara peluncuran novel roman sejarah kisah nyata pejuang PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) bernama Awaludin Latief. Satu larik kisah menarik ditulis ke dalam dua versi novel oleh dua orang penulis, Sri Iswati dan Decy C. Capriconadri.

Menurut Olivia, kegiatan peluncuran novel itu juga dilakukan secara virtual. "Grand launching novel roman sejarah akan dilakukan secara virtual," tegasnya.

Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bela Negara yang sama, panitia juga akan menggelar webinar live virtual Hari Bela Negara dengan pembicara utama Prof Jimly Assiddiqie, SH; sejarawan LIPI, DR Asvi Warman Adam, dan Prof Anhar Gonggong. Acara ini rencananya akan dibuka Kepala Perpustakaan Nasional RI, dengan didahului laporan Olivia Zalianty sebagai Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya.

(Baca juga: Iko Uwais dan Al Ghazali Jadi Hero Legendaris MLBB di Winter Clash )

Menariknya, dalam sesi Puisi Bela Negara Generasi Lintas Budaya akan hadir sebagai pembaca puisi antara lain KH Mustofa Bisri atau Gus Mus dan sejumlah selebritas seperti Happy Salma, Inne Febrianti, Marcella Zalianty, Prily Latuconsina, Sha Ine Febrianti, Reza Rahadian, Lukman Sardi, dan Widyawati. "Terakhir, kami akan mengadakan gimmick menarik berupa Kuis Bela Negara. Makanya, stay tune di akun YouTube Perpustakaan Nasional RI dan aplikasi zoom," tutup Olivia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)