Ruang Seni Anak Kisah Antah-Berantah Bisa Disaksikan di Museum MACAN

Sabtu, 19 Desember 2020 - 22:52 WIB
loading...
Ruang Seni Anak Kisah Antah-Berantah Bisa Disaksikan di Museum MACAN
Museum MACAN meluncurkan Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN – Kisah Antah-Berantah karya Citra Sasmita. Foto/Dok Museum MACAN
A A A
JAKARTA - Museum MACAN meluncurkan Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN – Kisah Antah-Berantah karya Citra Sasmita, yang dapat dinikmati secara fisik dan virtual mulai 15 Desember 2020. Di tengah kondisi masih pandemi, ruang seni ini bisa menjadi salah satu alternatif hiburan untuk anak bersama keluarga.

Dalam Kisah Antah-Berantah, Citra Sasmita menuangkan imajinasinya tentang sebuah kerajaan hewan dalam sebuah gulungan kanvas berukuran delapan meter. Lukisan berukuran besar ini telah diadaptasi secara digital untuk kemudian disajikan melalui platform virtual.

( )

Setiap hewan dalam kisah ini mempunyai wujud serta karakter yang unik, di antaranya si rusa yang langsing nan luwes, yang sering digambarkan sebagai tokoh bijak dalam cerita rakyat Bali, juga si macan yang merupakan sebuah perwujudan Museum MACAN di mata sang perupa. Citra Sasmita juga akan mengajak audiens membuat cerita sendiri dengan menggunakan karakter hewan yang telah mereka temui dalam kisah ini.

Citra Sasmita adalah seorang perupa kontemporer asal Bali yang berkarya dengan tujuan menguraikan mitos-mitos serta miskonsepsi dalam seni dan budaya Bali. Ia sangat berdedikasi dalam mempertanyakan posisi perempuan dalam hierarki sosial dan mencoba memposisikan ulang konstruksi gender yang normatif. Kisah Antah-Berantah adalah karya pertamanya yang dirancang khusus untuk anak-anak dan keluarga mereka.

“Kisah Antah-Berantah adalah perwujudan dari dunia masa kecil yang murni. Ini adalah sebuah ruang aman untuk anak belajar mengenal lingkungan baru dengan karakter-karakter baru, selagi membawa harta mereka yang paling berharga: imajnasi. Imajinasilah yang mengajarkan anak-anak tentang nilai kebaikan, kedamaian, belas kasih, dan kepemimpinan,” ungkap Citra dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

( )

Tur virtual Kisah Antah-Berantah yang dikembangkan oleh Festivo dapat dinikmati di www.museummacan.org. Museum MACAN juga telah bekerja sama dengan Octagon Studio untuk mengembangkan tato wajah bertema Kisah Antah-Berantah dalam format Instagram filter. Anda dapat mengaksesnya melalui kanal Instagram @museummacan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)