Hong Jin Young Minta Maaf karena Lakukan Plagiarisme Tesis

Minggu, 20 Desember 2020 - 04:30 WIB
loading...
Hong Jin Young Minta Maaf karena Lakukan Plagiarisme Tesis
Hong Jin Young. Foto/Soompi
A A A
SEOUL - Hong Jin Young meminta maaf setelah Universitas Chosun mengeluarkan kesimpulan sementara soal plagiarisme terkait tesis masternya.

Pada November lalu tesis Jin Young dicurigai merupakan hasil plagiarisme. Tesis tersebut mendapat skor 74% di situs ulasan plagiarisme Copy Killer.

(Baca Juga: Ketahuan Nggak Kenal Wajah Mertua Raffi Ahmad, Dimas Ramadhan Salting )

Ketika tuduhan terus menyebar, Jin Young mengeluarkan pernyataan. Dia mengatakan, sudah diskusi dengan profesor dan melakukan yang terbaik untuk membuat tesis. Meskipun aktivitasnya berlalu tanpa masalah pada saat itu, sekarang orang mengatakan bahwa tesisnya plagiat, dan ini membuat dia kecewa sekaligus frustasi.

Jin Young telah memutuskan untuk melepaskan gelar master dan doktoralnya. Pada 15 Desember lalu, Komite Integritas Riset di bawah Komite Etika Universitas Chosun membuat penilaian tentatif tentang plagiarisme terkait tesis master Hong Jin Young. Mereka mengirimkannya ke Komite Sekolah Pascasarjana, yang telah memberi Jin Young waktu sampai pukul 17.00 pada 18 Desember 2020 untuk memberikan penjelasan.

Komite Sekolah Pascasarjana akan membuat keputusan akhir tentang apakah plagiarisme dilakukan atau tidak melalui rapat pada 23 Desember mendatang. Jika secara resmi ditetapkan bahwa Jin Young menjiplak, maka gelar master dan doktoralnya akan otomatis dibatalkan.

Jin Young pun membagikan surat permintaan maaf di Instagram pribadinya. "Halo, ini Hong Jin Young. Ini sudah sangat larut dan aku tahu bahwa aku tidak dapat membatalkan apapun. Namun, aku menulis karena aku ingin meminta maaf dengan tulus, bahkan jika itu saat ini. Pada hari ketika aku comeback dengan lagu baru, muncul laporan tentang plagiarisme tesis. Aku sangat takut tentang apa yang harus aku katakan dan pikiran aku menjadi kosong," tulis Jin Young, seperti dilansir dari Soompi, Sabtu (19/12).

(Baca Juga: Rayakan Natal, Sandra Dewi Hadirkan Dekorasi Rustic Glam )

"Aku akan menerima kesimpulan sementara tentang plagiarisme dari Universitas Chosun dan sangat menyesal. Aku juga telah bertindak sangat tidak hormat terhadap orang-orang yang bahkan sekarang bekerja sepanjang hari dan malam untuk tesis master dan doktor mereka. Maafkan aku. Aku mengakui semua dan akan merenungkannya," lanjutnya.

Sebelumnya, Hong Jin Young memegang gelar Bachelor of Commerce, Master of Trade, dan Ph.D in Business Administration dari Chosun University.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4428 seconds (10.177#12.26)