Kenali Gejala Penyakit Psoriasis yang Menyerang Kulit

Senin, 21 Desember 2020 - 21:01 WIB
loading...
Kenali Gejala Penyakit Psoriasis yang Menyerang Kulit
foto/ dok istimewa
A A A
JAKARTA - Menurut data Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, terjadi kenaikan data kunjungan pasien Psoriasis dari tahun 2018 hingga 2019 sebanyak kurang lebih 9% dimana total pasien psoriasis (pasien lama & baru) di tahun 2019 mencapai 1.373 pasien dibandingkan di tahun 2018 yaitu 1.021 pasien. Namun mengingat banyaknya bentuk klinis penyakit ini, diperkiraan jumlah penyandangnya lebih banyak daripada yang dilaporkan.

Psoriasis terdiri dari berbagai tipe berdasarkan bentuk dan luasan sebarannya, antara lain Psoriasis Vulgaris (plak), Psoriasis Gutata (seperti tetesan air), Psoriasis Inversa ( di lipatan kulit ), Psoriasis Pustulosa (bentuk bernanah), Psoriasis Eritoderma (berwarna kemerahan dan bersisik di seluruh badan).

Baca juga : Yuk, Intip Isi Mobil Arya Saloka Selama Syuting Sinetron Ikatan Cinta

Psoriasis adalah penyakit kulit autoimun yang tidak menular. Pasien psoriasis mengalami penebalan kulit, berwarna merah, dan bersisik yang terasa gatal, pedih, dan tidak nyaman di bagian tubuh terutama kulit kepala, siku, lutut, wajah, tangan, kaki, dan dapat disertai dengan kerusakan kuku.

Pergantian kulit pada manusia normal berlangsung sekitar 27 hari, tetapi pada psoriasis berlangsung sekitar 3-4 hari, pergantian sel kulit akan menjadi bercak-bercak eritema, berbatas tegas, kasar, dan berlapis-lapis.

Baca juga : Plant Base Food Bisa Jadi Pilihan Gaya Hidup Lebih Sehat Di 2021

Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menjelaskan, selain kulit, psoriasis juga dapat mengenai sendi dengan gejala pembengkakan, kekakuan, disertai nyeri terutama pada sendi jari tangan.

Psoriasis juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami darah tinggi, kencing manis, kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Baca juga : Ini Alasan Mie Instant Extra Pedas Jadi Primadona

“Psoriasis juga dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi, Kelainan kulit pada psoriasis juga dapat meluas ke seluruh tubuh. Namun, gejala dan komorbiditas psoriasis dapat dikontrol dengan baik dengan pengobatan yang tepat,” ucap dr Endi dalam keterangan resminya, Senin (21/12).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)