Para Moms, Yuk Perhatikan Periode Emas Anak Sejak Dalam Kandungan

Selasa, 22 Desember 2020 - 10:55 WIB
loading...
Para Moms, Yuk Perhatikan Periode Emas Anak Sejak Dalam Kandungan
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak . Di periode ini Ibu memiliki peranan penting dalam memberikan tiga kebutuhan dasar anak dalam hal asah, asih dan asuh .

Dokter Spesialis Anak Miza Afrizal, BMedSc, SpA, MKes dari klinik kecil menuturkan perkembangan massa otak 70-80% terjadi pada 1000 HPK, yang dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Itu sebabnya, masa kritis pertumbuhan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK. “Ini merupakan milestone untuk anak, sehingga harus terbentuk dengan baik pada masa ini,” ujar Miza saat konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.

Baca juga : 5 Cara Bikin Pria Gemini Merindukan Anda

Menurut Miza, banyak hal yang menentukan keberhasilan 1000 HPK, mulai dari nutrisi, stimulasi, dan tentunya bonding orang tua dan anak sejak masih dalam kandungan. Tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang, bonding yang kuat juga diperlukan bayi untuk membuatnya tenang saat menghadapi lingkungan baru di luar kandungan.

Sementara itu menurut Psikolog Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani, M.Psi., dalam menjalani 1000 HPK, Ibu dihadapkan dengan berbagai macam tantangan seperti perubahan fisik - hormon - emosional, tuntutan lingkungan terdekat akan konsep parenting hingga derasnya berbagai informasi yang perlu disaring sesuai kebutuhan diri.

Baca juga : Si Cantik Lesty Kejora Punya Sandal Rp9 Juta Seperti Nagita

“Padahal penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatan mentalnya melalui psikoedukasi parenting dalam mengasuh si kecil, agar kualitas bonding antara Ibu dan anak menjadi optimal selama 1000 HPK,” ujar Nadya.

Nadya menambahkan, menciptakan generasi emas dimulai dengan mempersiapkan 1000 HPK pada anak. Tumbuh kembang anak harus optimal, sehingga perlu dipersiapkan secara seimbang. Tidak saja melalui pemenuhan nutrisi untuk perkembangan otak, namun pemenuhan lainnya melalui asah-asih-asuh.
Memahami pentingnya peranan Ibu dalam periode emas tersebut, Zwitsal mempersembahkan “Zwitsal 1000 Hari Pertama Si Kecil” sebagai bentuk dukungan bagi para Ibu untuk memaksimalkan momentum 1000 HPK.

Baca juga : Tak Hanya Kapal Selam AS, Kapal Selam Israel Juga Gertak Iran

Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia, Maulani Affandi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk selalu menemani langkah orang tua dan anak seiring tumbuh kembangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)