Yuk, Pilih Skincare Untuk Kulit Lelah Akibat Meeting Virtual

Jum'at, 25 Desember 2020 - 17:25 WIB
loading...
Yuk,  Pilih Skincare Untuk Kulit Lelah Akibat Meeting Virtual
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Aktivitas virtual di tahun 2020 ini meningkat akibat adanya pandemi. Di tahun 2021, diprediski akan banyak muncul skincare yang menangkal efek buruk cahaya biru dari aktivitas virtual yang berlebihan.

Dermatolog Shari Marchbein menuturkan, di masa pandemi ini, sekitar 60 persen penduduk bumi bisa menghabiskan waktu sekitar 6 jam atau lebih di layar komputer. Hal tersebut ternyata memberi dampak buruk pada kulit. “ Kerusakan kulit tersebut diakibatkan oleh cahaya terlihat berenergi tinggi atau High Energy Visible (HEV) atau populer dengan sebutan cahaya biru,” ujar Marchbein seperti yang dilasir dari allure.com.

Baca juga : Ini Prediksi Tren Potongan Rambut Kekinian di 2021

Lebih lanjut Marchbein menerangkan cahaya biru dipancarkan dari layar teknologi , serta dari matahari, bersama dengan sinar UV. Meskipun tidak sama tetapi sinar cahaya biru dan UV sebenarnya dapat memicu tanda-tanda penuaan yang serupa. “Cahaya biru dapat menembus kulit, spesies oksigen reaktif dihasilkan, yang menyebabkan kerusakan DNA, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi. Hal ini mirip dengan bagaimana kerusakan UV dapat menciptakan bintik hitam pada kulit,” ujar Marchbein.

Marchbein menambahkan, keberadaan soliter yang dipenuhi layar ini tampaknya agak menyedihkan. Namun sisi baiknya, ini mungkin telah mendorong inovasi dalam ruang produk skincare yang memblokir cahaya biru di tahun 2021 mendatang. “Penjualan perawatan kulit pelindung sinar biru meningkat 170 persen pada paruh pertama tahun ini,” ujar Marchbein.

Baca juga : 7 Fakta Menarik dari Menparekraf Baru, Sandiaga Uno

Merek perawatan kulit GoodHabit, yang diluncurkan dengan HEV-thwarting-prowess bertujuan untuk melindungi kulit dari efek teknologi, dengan cara menciptakan lapisan pelindung pada kulit.


Ada pula label Niacinamide, melawan efek buruk cahaya biru. Terdapat pula produk lain seperti Glow Recipe Niacinamide Serum, Facial Radiance Niacinamide Dark Spot Serum dari First Aid Beauty, atau Foster's Lab Anti-Tech Serum.“Kadar oksida besi yang tinggi juga dapat menangkal cahaya biru, dan dapat ditemukan di beberapa tabir surya mineral seperti EltaMD, La Roche-Posay, dan Revisi,” ujar Marchbein.

Baca juga : Empat Jet Tempur F-16 Bahrain Dituduh Terobos Wilayah Udara Qatar

Sementara itu menurut dokter kulit bersertifikat di Bay Harbor Island, Florida, Stacy Chimento penelitian tentang seberapa buruk cahaya biru bisa berdampak pada kulit masih terus berlangsung hingga sekarang. Dengan lebih banyak pengetahuan yang muncul dan kehidupan virtual masih sangat banyak, di tahun 2021 akan lebih banyak opsi produk skincare untuk pemblokiran cahaya biru pada kulit. “Saya memprediksi akan lebih banyak formula SPF yang memblokir pengaruh buruk cahaya biru,” ujar Chimento.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)