Jangan Buang Sisa Kue Natal, Simpan dengan 3 Cara Berikut

Sabtu, 26 Desember 2020 - 23:23 WIB
loading...
Jangan Buang Sisa Kue Natal, Simpan dengan 3 Cara Berikut
Lantas bagaimana cara menyimpan kue untuk memastikannya tetap awet selama mungkin? / Foto: Ilustrasi/deliaonline
A A A
JAKARTA - Perayaan hari raya Natal sudah lewat. Namun kemeriahannya masih terasa dengan banyaknya stok kue yang menumpuk. Namun, pastikan Anda tidak membuang kue begitu saja. Pasalnya, ada cara untuk menyimpan kue Natal agar tetap awet selama mungkin.

(Baca juga: 4 Aneka Resep Jagung Bakar untuk Tahun Baruan di Rumah Aja )

Seperti kebanyakan makanan, kue berada pada kualitas puncaknya saat masih segar. Itu berarti menyajikannya pada hari mereka dipanggang selalu merupakan pilihan terbaik.

Lantas bagaimana cara menyimpan kue untuk memastikannya tetap awet selama mungkin? Berikut tips menyimpan kue Natal supaya awet dilansir dari The Spruce Eats, Sabtu (26/12).

1. Jangan simpan di kulkas

Tips pertama dan terpenting adalah jangan simpan kue di kulkas. Faktanya, mendinginkan kue justru membuatnya lebih cepat basi. Hal ini berkaitan dengan cara molekul pati dalam tepung menyerap air saat adonan dipanggang, dan kemudian, dimulai saat kue mulai mendingin, molekul tersebut mengkristal kembali, atau mengeras, memaksa air keluar dan ke permukaan, kue, di mana ia menguap. Singkatnya, mendinginkan kue menyebabkan proses ini terjadi lebih cepat secara signifikan dibandingkan pada suhu kamar. Hal ini juga berlaku untuk roti dan makanan panggang lainnya, semuanya lebih cepat basi di lemari es.

2. Menyimpan kue selama 1-3 hari

Jika Anda berencana untuk memakan kue dalam waktu tiga hari setelah dipanggang, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyimpannya pada suhu ruangan. Ini berarti di atas meja, jauh dari panas, dan dari sinar matahari langsung. Jika kue Anda ada di dalam kotak roti, Anda dapat membiarkannya di dalam kotak, dan jika Anda berencana untuk memakannya dalam waktu 24 jam, hanya itu yang perlu Anda lakukan.

Jika ingin menyimpan kue lebih lama dari itu, Anda dapat membiarkannya di dalam kotak dan membungkus kotak dengan bungkus plastik, yang akan membuat kue tidak mengering hingga tiga hari. Jika kue Anda tidak ada di dalam kotak, tutup kue akrilik akan berguna. Letakkan kue Anda di atas piring, tutupi dengan penutupnya dan simpan di atas meja hingga tiga hari. Anda bisa menggantungkan handuk dapur di atas tutup kue untuk menghindari sinar matahari.

Pilihan bagus lainnya adalah wadah penyimpanan kue plastik, yang terdiri dari nampan tempat kue diletakkan dan tutup berbentuk kubah yang pas di atasnya dan terkunci rapat, sehingga segel kedap udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)