Hindari Penularan COVID-19 Saat Rayakan Tahun Baru, Berikut Ini Tipsnya!

Kamis, 31 Desember 2020 - 13:30 WIB
loading...
Hindari Penularan COVID-19 Saat Rayakan Tahun Baru,  Berikut Ini Tipsnya!
Paling aman merayakan tahun baru di rumah saja. Jika harus melakukan perayaan tetap jaga protokol kesehatan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tinggal di rumah dan merayakan tahun baru dengan orang yang tinggal di rumah atau keluarga adalah pilihan yang bijak untuk saat ini. Bila ingin merayakan bersama keluarga besar, mungkin Anda bisa merayakan secara virtual saja dan hindari pertemuan besar.

Jika Anda menjadi tuan rumah atau menghadiri pertemuan kecil, semua orang dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat perayaan tahun baru lebih aman. Jika Anda mengadakan perayaan tahun baru, bicaralah dengan tamu sebelumnya untuk menetapkan ekspektasi untuk merayakan bersama.

Baca juga : Terpapar COVID-19, Maia Estianty Takjub Mampu Sembuh dalam Sehari

Batasi jumlah tamu, bila memungkinkan lakukan perayaan di luar ruangan. Jika terpaksa mengadaan acara di dalam ruangan, buka jendela dan pintu. Gunakan kipas untuk membawa udara keluar, yang akan menarik udara segar masuk melalui jendela yang terbuka.

Bersihkan dan disinfeksi permukaan dan barang yang sering disentuh oleh para tamu. Mintalah tamu membawa makanan, minuman, piring, cangkir, dan perkakas mereka sendiri. Sediakan masker ekstra yang tidak terpakai untuk tamu Anda dan pastikan semua orang untuk memakainya di dalam dan di luar.

Hindari memutar musik dengan volume yang keras, agar tamu tidak perlu berteriak jika ingin berbicara. Namun, jika bepergian untuk suatu perayaan, ketahuilah apa yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah bepergian. Bawalah makanan, minuman, piring, cangkir, dan perkakas sekali pakai Anda sendiri.

Kenakan masker di dalam dan di luar ruangan dan simpan masker dengan aman saat makan dan minum. Hindari alkohol dan obat - obatan yang dapat mengubah penilaian dan mempersulit penerapan tindakan pengamanan COVID-19 . Hindari berteriak dan bernyanyi.

Dilansir dari CDC, Kamis (31/12) hindari area di mana makanan disiapkan, seperti dapur. Gunakan opsi sekali pakai, seperti paket bumbu. Jaga jarak 2 meter dari orang lain yang tidak tinggal bersama Anda. Di dalam atau di luar ruangan, Anda lebih mungkin tertular atau menyebarkan COVID-19 ketika melakukan kontak dekat dengan orang lain selama 15 menit atau lebih selama 24 jam.

Baca juga : Parosmia, Efek Long Covid Ini Membuat Pasien Mencium Bau Tak Sedap

Sangat penting bagi orang yang berisiko lebih tinggi untuk menjaga jarak 2 meter dari orang lain. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah Anda berada di tempat umum, setelah membuang ingus, batuk, atau bersin dan sebelum makan.

Pastikan tangan benar-benar kering menggunakan handuk bersih atau dengan pengeringan udara. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer dengan setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh masker, mata, hidung, dan mulut Anda.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)