Perhatikan, 5 Gejala Strain Baru Covid-19 Ini Harus Ditangani Segera

Sabtu, 02 Januari 2021 - 23:06 WIB
loading...
Perhatikan, 5 Gejala Strain Baru Covid-19 Ini Harus Ditangani Segera
Untuk melindungi keluarga Anda dan orang-orang terdekat Anda dari strain baru Covid-19, sangat penting untuk mengetahui gejala peringatan Covid-19. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Strain baru Covid-19 tidak lebih berbahaya daripada sebelumnya dan secara signifikan lebih mudah menular. Untuk melindungi mereka yang paling berisiko, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui gejala peringatan Covid-19 dengan mengisolasi diri.

Selain gejala utama, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menerbitkan lima gejala peringatan darurat Covid-19. Jika seseorang menunjukkan salah satu dari gejala ini, CDC mendesak mereka untuk segera mencari perawatan medis darurat. (Baca juga: Anak-Anak Dilaporkan Lebih Mudah Tertular Strain Baru Covid-19 )

Adapun gejala daruratnya tersebut mencakup kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada, kebingungan baru, ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga dan bibir atau wajah kebiruan.

"Daftar ini tidak semuanya merupakan gejala yang mungkin. Hubungi penyedia medis Anda untuk gejala lain yang parah atau mengkhawatirkan Anda," saran CDC dilansir dari Express, Sabtu (2/1).

Sementara, menurut National Health Service (NHS), gejala utama Covid-19 di antaranya, suhu tinggi, yang mana merasa panas saat disentuh di dada atau punggung. Batuk baru terus-menerus dengan durasi batuk lebih dari satu jam, atau tiga atau lebih episode batuk dalam 24 jam.

Gejala utama lainnya adalah kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa. Di mana Anda tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, atau hal-hal yang berbau atau rasa berbeda dari biasanya.

"Kebanyakan orang dengan virus corona memiliki setidaknya satu dari gejala ini," kata badan kesehatan tersebut.

Penelitian belum sepenuhnya menetapkan sifat mutasi strain baru tetapi data awal menunjukkan strain ini jauh lebih dapat ditularkan daripada mutasi sebelumnya. Varian ini 56% lebih dapat ditularkan daripada jenis lainnya, menurut sebuah studi baru oleh Pusat Pemodelan Matematika Penyakit Menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Studi itu memprediksi, bahwa strain baru ini kemungkinan akan menyebabkan tingkat rawat inap dan kematian yang lebih tinggi tahun depan. Menurut Public Health England (PHE), cara pengendalian virus ini sama, apapun strainnya. Strain baru tidak akan menyebar jika menghindari kontak dekat dengan orang lain. (Baca juga: Tidak Bikin Gejala Lebih Parah, Strain Baru Covid-19 Lebih Cepat Menyebar )

Cuci tangan Anda, kenakan masker, jaga jarak dari orang lain, dan kurangi kontak sosial Anda. "Saat ini kami tidak memiliki bukti bahwa strain tersebut lebih mungkin menyebabkan penyakit parah atau kematian, tetapi kami melanjutkan penyelidikan untuk memahami hal ini dengan lebih baik," ujar PHE.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)