Ingin Hidup Lebih Bahagia di 2021? Lakukan Satu Hal Ini!

Minggu, 03 Januari 2021 - 09:02 WIB
loading...
Ingin Hidup Lebih Bahagia di 2021? Lakukan Satu Hal Ini!
Psikolog menyarankan kita melakukan hal yang bisa membuat diri sendiri bahagia menjalani tahun 2021 ini. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tahun 2020 memberikan tantangan dan perubahan besar dalam setiap aspek kehidupan karena pandemi COVID-19. Namun, bukan berarti di tahun 2021 Anda tidak bisa bahagia. Psikolog klinis Richard Ryan mengatakan, membuat tujuan untuk membantu orang lain bisa menambah kebahagiaan pada diri sendiri.

"Pikirkan bagaimana Anda bisa membantu. Ada banyak kesusahan di luar sana. Jika kita dapat menetapkan tujuan yang bertujuan untuk membantu orang lain, tujuan semacam itu akan, pada gilirannya, juga menambah kesejahteraan kita sendiri," kata Ryan, seperti dilansir dari laman Science Daily.

( )

Saran ini berdasarkan penelitian selama 10 tahun. Bersama Edward Deci, seorang profesor emeritus psikologi Universitas Rochester, Ryan adalah salah satu pendiri teori penentuan nasib sendiri (SDT), kerangka kerja yang luas untuk mempelajari motivasi dan kepribadian manusia.

Dikembangkan oleh keduanya selama hampir 40 tahun, teori ini telah menjadi salah satu kerangka kerja motivasi manusia yang paling diterima secara luas dalam ilmu perilaku kontemporer. Titik awalnya adalah gagasan bahwa semua manusia memiliki kecenderungan alami atau intrinsik untuk berperilaku secara efektif dan sehat.

Menurut Ryan, yang juga seorang profesor di Institute for Positive Psychology and Education di Australian Catholic University, tindakan rela membantu orang lain memenuhi ketiga kebutuhan psikologis dasar yang diidentifikasi dalam penelitian SDT yakni kebutuhan akan otonomi, kompetensi, dan keterkaitan.

Otonomi dalam konteks ini berarti Anda dapat terlibat dalam aktivitas di mana Anda merasakan kemauan sejati dan menemukan nilai pribadi. Kompetensi berarti merasa efektif dan memiliki rasa pencapaian. Akhirnya, keterkaitan berarti bekerja dengan dan merasa terhubung dengan orang lain.

( )

"Jika ingin membuat resolusi tahun baru yang benar-benar membuat Anda bahagia, pikirkan cara Anda dapat berkontribusi pada dunia. Ketiga kebutuhan dasar ini terpenuhi. Penelitian menunjukkan itu tidak hanya baik untuk dunia, tetapi juga sangat baik untuk Anda," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4038 seconds (0.1#10.140)