10 Resolusi Kesehatan 2021, Mulai Diet Hingga Olahraga Baru

Minggu, 03 Januari 2021 - 02:11 WIB
loading...
10 Resolusi Kesehatan 2021, Mulai Diet Hingga Olahraga Baru
Melewati Tahun Baru, banyak orang membuat resolusi dan tak sedikit yang saat ini fokus pada kesehatan. Beberapa aspek kesehatan ini, seperti diet hingga berolahraga. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Melewati Tahun Baru, banyak orang membuat resolusi dan tak sedikit yang saat ini fokus pada kesehatan. Adapun resolusi kesehatan 2021 bisa pada beberapa aspek, seperti makanan yang dikonsumsi, lingkar pinggang, kesehatan mental atau rutinitas tidur.

Isi daftar resolusi dengan tujuan yang mudah dan baik untuk Anda. Cobalah salah satu perubahan gaya hidup sederhana ini setiap hari. Anda tidak hanya akan memulai tubuh dan pikiran yang lebih sehat, juga akan merasa luar biasa dan bersemangat untuk menjadikan 2021 menjadi tahun yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. (Baca juga: Mengapa Harus Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Berwarna Hijau? )

Berikut resolusi kesehatan 2021 yang bisa menjadi inspirasi dilansir dari Good House Keeping, Sabtu (2/1).

1. Kurangi minum alkohol
Jadikan 2021 sebagai momen untuk mengurangi konsumsi alkohol. Melakukannya dapat meningkatkan suasana hati, tidur, kulit, dan sistem kekebalan Anda. Plus, ini juga akan membantu Anda menghemat uang.

2. Berhenti merokok
Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama paru-paru Anda. Ada begitu banyak cara yang dapat membantu untuk segera berhenti merokok. Jika Anda pernah mencoba sebelumnya tetapi membutuhkan lebih banyak bantuan, segera minta bantuan para ahli.

3. Makan sayuran secara teratur
Jika berencana menurunkan berat badan atau hanya ingin tetap sehat, sayuran adalah yang terbaik. Di tahun 2021, jadikan makan sayuran secara teratur sebagai salah satu resolusi yang akan membuat tubuh Anda lebih sehat.

4. Coba program diet baru
Ada begitu banyak program diet yang bagus untuk Anda jelajahi di tahun baru, dengan pilihan terbaik menekankan piring yang lebih sehat yang dikemas dengan serat, nutrisi penting, dan banyak sayuran. Meskipun tidak sempurna untuk semua orang, diet Keto telah menjadi sangat populer bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

5. Gunakan tangga
Luangkan waktu 10 menit untuk menaiki tangga di kantor atau rumah Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior menemukan bahwa wanita yang menaiki tangga selama 10 menit mendapat dorongan energi yang lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi kafein yang setara dengan sekaleng soda atau setengah cangkir kopi. Menaiki tangga juga bisa membakar kalori.

6. Kurangi kalori
Kalori yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan berat badan, yang mana menjadi salah satu faktor penyebab berbagai masalah kesehatan. Mulai dari obesitas, stroke, jantung hingga kanker. Oleh karenanya itu, manfaatkan tahun baru dengan mengurangi asupan kalori Anda.

7. Yoga bersama pasangan
Melakukan yoga bersama pasangan memberikan banyak manfaat kesehatan yang tak terduga. Di sisi lain, kegiatan ini juga memberikan keuntungan seks yang lebih baik. Sementara yoga solo juga memberikan kenikmatan, memengaruhi gairah, hasrat, dan kepuasan, yang mana yoga membantu menenangkan pikiran dan memperkuat otot panggul.

8. Banyak minum air putih
Pastikan Anda memenuhi kecukupan asupan cairan setiap hari yakni sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Ini sangat penting ketika Anda hanya tidur enam jam atau kurang. Anda lebih mungkin mengalami dehidrasi setelah tidur malam yang singkat, karena hormon yang mengatur konservasi air tubuh dilepaskan pada tahap tidur selanjutnya. (Baca juga: Tingkatkan Fungsi Otak dan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Lain Teh Kunyit )

9. Lakukan satu gerakan olahraga baru
Pakar kebugaran Jillian Michaels, latihan plyometrik seperti push-up burpee memberi hasil yang cepat. Michaels menyarankan untuk memulai dengan jongkok dan letakkan tangan di lantai, lompat kaki ke papan, jatuhkan dada ke lantai dan lakukan push-up, lompat kaki ke depan ke posisi jongkok, lompat, raih tangan di atas kepala, dan ulangi urutan selama 30 detik. Beristirahat. Lakukan dua set lagi.

10. Mencoba hobi baru
Lakukan hobi baru apapun yang membuat Anda merasa senang di tahun 2021. Para peneliti mengikuti 7.500 orang selama 25 tahun, mereka menemukan bahwa orang yang mengeluhkan kebosanan berat kira-kira dua kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)