Gadget Tak Selalu Berdampak Buruk Bagi Anak, Ini Manfaat Positifnya!

Minggu, 03 Januari 2021 - 12:10 WIB
loading...
Gadget Tak Selalu Berdampak Buruk Bagi Anak, Ini Manfaat Positifnya!
Dengan pendampingan yang tepat dari orangtua, gadget ternyata mempunyai manfaat positif bagi anak. Foto/Baby Chick
A A A
JAKARTA - Saat ini teknologi tidak bisa terpisahkan dari keseharian kita, dengan generasi anak-anak yang lahir dan tumbuh di era gadget kekhawatiran orang tua akan ketergantungan atau adiktif main gadget masih terjadi. Bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Psikolog Klinis Anak, Remaja dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi. Keterlibatan orang tua secara sehat dalam kehidupan sehari-hari anak terbukti membangun fondasi yang kuat untuk peningkatan keterampilan sosial dan akademik yang lebih baik.

Anak-anak juga memperoleh kemampuan memecahkan masalah jika mereka memiliki hubungan yang positif dengan orang tua mereka. Menurut Roslina, gadget memang menjadi kekhawatiran, namun di balik itu sebenarnya ada nilai positif dan cara memanfaatkannya dengan baik. Berikut manfaatnya:

Baca juga : Malas Bekerja Kembali Usai Liburan? Atasi dengan Tips Berikut Ini!

Bermain Gadget Tidak Selalu Negatif

Dari fakta yang ada, meskipun banyak penelitian yang mengungkap dampak negatif gadget modern terhadap anak-anak, namun menurut beberapa pakar, teknologi bisa memberikan manfaat positif. Memanfaatkan teknologi untuk bermain bersama anak, pun justru bisa jadi cara membangun kedekatan dengan anak dan mengasah kemampuan motoriknya. Namun ada syarat-syarat tertentu agar anak tidak kecanduan gadget.

“Teknologi harus didorong namun dimoderasi. Anak-anak harus mendapatkan pengetahuan yang tepat atas kemajuan tersebut. Orang tua tetap harus menjalankan tanggung jawabnya untuk melindungi anak mereka dengan mendampingi anaknya bermain game baik dalam aplikasi maupun online,” jelas Roslina saat konferensi pers peluncuran Cussons Kids Play belum lama ini.

Bangun Kedekatan Anak dan Orangtua

Keterlibatan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak amatlah penting. Di era teknologi sekarang yang hampir semuanya dilakukan menggunakan gadget, orang tua justru bisa memanfaatkannya untuk bermain bersama anak. Dengan catatan ada durasi khusus yang telah dibuat untuk anak bermain gadget per harinya.

Menurut Roslina, anak butuh bermain kira-kira 5 jam, bermain aktif dan pasif. Jadi selain bermain aktif, tidak apa bila anak diberikan waktu misalnya satu jam untuk bermain gadget. Waktu satu jam per hari pun bisa dibagi dalam beberapa kali sehingga lebih terkontrol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)