Merawat Penderita COVID-19 Tanpa Khawatir Tertular, Ini Tipsnya!

Minggu, 03 Januari 2021 - 21:01 WIB
loading...
Merawat Penderita COVID-19 Tanpa Khawatir Tertular, Ini Tipsnya!
Merawat pasien COVID-19 yag sedang isolasi mandiri harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang baik agar tidak tertular. Foto/thefederal.com
A A A
JAKARTA - Ketika anak atau pasangan maupun anggota keluarga lain ada yang tertular COVID-19 namun dengan gejala ringan, pengobatan pun bisa dilakukan cukup di rumah saja. Namun bagi Anda yang bertugas merawat penderita tentunya harus memperhatikan beberapa hal agar Anda tidak ikut tertular. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC dan WHO merekomendasikan beberapa kiat berikut:

1. Jaga tangan selalu bersih dan jauhkan dari wajah

Secara rutin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir selama 20 detik. Khususnya setelah berada di satu ruangan atau berdekatan dengan penderita. Kalau tak ada sabun, pakai hand sanitizer dengan kandungan setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh mulut, hidung, mata.

Baca juga : Diare, Gejala Seseorang Tertular Strain Baru COVID-19

2. Pakai masker

Kalau harus berada dalam satu ruangan dengan penderita, pakailah masker . Jaga jarak setidaknya dua meter. Jangan sentuh masker ketika dipakai. Kalau masker sudah kotor arau basah segera ganti yang baru dan cuci tangan.

3. Bersihkan rumah rutin

Setiap hari gunakan lap atau spray pembersih untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh. Seperti meja arau gagang pintu. Pisahkan seprai, selimut, dan peralatan lain milik penderita.

(Baca Juga : Kisah Ilmuwan Tanpa Kewarganegaraan Coba Temukan Vaksin Covid-19 )

4. Hati-hati dengan pakaian kotor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)