Drama Korea dan Kecantikan Banyak Dicari Pengguna UC Browser

Kamis, 07 Januari 2021 - 11:17 WIB
loading...
Drama Korea dan Kecantikan Banyak Dicari Pengguna UC Browser
Masyarakat Indonesia banyak yang mencari Drama Korea ketika mengakses internet melalui perambah seluler UC Browser. / Foto: Ilustrasi/Psychological Science
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia banyak yang mencari Drama Korea ketika mengakses internet melalui perambah seluler UC Browser. Dalam laporan tren penelusuran UC Browser sepanjang 2020, kata kunci Drama Korea menempati posisi kedua, setelah translate, dan diikuti Mangaku --novel grafis asal Jepang.

(Baca juga: Kaki Sering Terasa Dingin, Waspada Gejala Diabetes Tipe 2 )

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 membuat masyarakat Tanah Air mengalami pergeseran yang signifikan dari aktivitas offline ke aktivitas online. Hal tersebut mendorong mereka untuk mencari alternatif untuk kebutuhannya melalui pencarian digital.

WFH (work from home) pun menjadi istilah pencarian yang populer, sedangkan Google Classroom mengalami peningkatan signifikan dalam volume pencarian. Fakta tersebut mencerminkan perubahan perilaku pengguna Indonesia sepanjang 2020.

Pada tahun sebelumnya, volume pencarian WFH adalah nol, namun pada 2020 istilah tersebut menjadi salah satu pencarian paling populer di UC Browser. Sementara pencarian kata Google Classroom mengalami peningkatan sebesar 1.539% sepanjang tahun, yang membuatnya menjadi sarana proses belajar-mengajar online paling dicari pengguna UC Browser Indonesia.

Selain 10 istilah paling dicari, raksasa e-Commerce seperti Shopee , Lazada dan Tokopedia menjadi platform yang paling banyak dicari di UC Browser. Ini menunjukkan bahwa kampanye belanja UC Browser secara konsisten menarik khalayak luas bagi mitra mereknya.

Menariknya, istilah "Menabung" mengalami peningkatan persentase terbesar dalam volume pencarian sepanjang 2020 (+3808%). Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan dalam menghadapi kondisi yang tidak biasa di 2020.

"Menutup tahun 2020 dengan laporan tren tahunan yang positif ini membuat kami percaya bahwa UC Browser telah menjadi platform all-in-one di mana pengguna dapat menemukan segala kebutuhan digital mereka. UC Browser akan menghadirkan layanan dan penawaran lainnya yang lebih menarik serta memberi nilai tambah bagi pengguna di tahun 2021," terang Vice President UC Web Global Business, Huaiyuan Yang dalam siaran persnya, Rabu (6/1).

Sementara itu, UC Browser sendiri telah menghadirkan beragam kampanye in-app sepanjang tahun. Berbagai program menguntungkan yang pernah dihadirkan di antaranya UC Ramadan Untung, Festival Belanja UC 11.11, dan UC Harbolnas 12.12.

(Baca juga: Kirim SMS Pemberitahuan, Kemenkes Jamin Keamanan Data Penerima Vaksin Covid-19 )

Dalam kampanye-kampanye yang dilakukan UC Browser tersebut, kategori produk Kecantikan menjadi topik yang paling populer dicari pengguna, diikuti Kesehatan dan Smartphone di posisi berikutnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)