Rambut Rontok Tanpa Kendali? Ini Cara Mencegahnya Secara Instan

Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:30 WIB
loading...
Rambut Rontok Tanpa Kendali? Ini Cara Mencegahnya Secara Instan
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Tidak hanya kulit, penuaan ternyata juga bisa dialami oleh rambut. Rambut yang beruban atau mengalami penuaan tidak hanya di alami orang yang sudah berusia tua namun pada usia muda pun dapat terjadi hal tersebut. Penuaan rambut biasanya ditandai dengan adanya uban, rambut kering, rambut rontok ,dan penipisan rambut.

Penuaan yang ditandai dengan menipisnya rambut bisa diketahui dari usia orang tersebut. Pada wanita menjelang umur 40 sudah mulai terlihat penipisan. Sementarapada pria penipisan rambut akan terlihat lebih cepat biasanya di akhir usia 20-an atau menjelang 30 tahun.

Baca juga : Ehm....Ehm... Menteri Erick dan Budi PDKT Ketua BPK

Rambut juga memiliki siklus pertumbuhan dalam tiga tahap utama yaitu tahap pertumbuhan (anagen), tahap istirahat (catagen), dan tahap rambut mati (telogen). Pada tahap pertumbuhanrambut, sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-selbaru dan mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Kemudian pada tahap istirahat, selama 1-2 minggu akan terbentuk rambut gada (hair club). Pada tahap rambut rontok, rambutakan lepas dan akan memulai siklus pertumbuhan rambutyang baru.Siklus pertumbuhan rambut normalnya antara tiga sampai lima tahun. Tetapi bagi kasus tertentu, terkadang tidak sampai satu tahun rambut sudah mulai rontok dan sulit tumbuh

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya genetik, stress, makanan, ruangan dan obat. Misalnya pada pasien penderita kanker yang menjalani kemoterapi, dia akan mengonsumsi obat-obatan khusus yang diminum secara rutin. Akibatnya rambut menjadi semakin tipis dan rontok perlahan.

Baca juga : BEI Kemas Aturan untuk Merayu Startup Melantai di Pasar Modal

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Dailymail.co.uk terdapat beberapa produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk mengatasi penuaan pada rambut. Salah satunya adalah Phyto Phytodensium Age-Defying Serum. Serum ini merupakan kombinasi yang kuat dari ekstrak tanaman yang dapat membantu rambut mendapatkan kembali volume dan vitalitasnya. “Produk ini juga dapat membantu menghambat pertumbuhan uban,” tutur Tamara Abraham, Commercial Editor Dailymail.co.uk

Ada pula Caviar Anti-Aging Overnight Hair Rescueyang mengklaim dapat memperbaiki rambut saat seseorangtidur dan mencegah kerusakan rambut di masa depan.Terakhir yaitu Nexxus Youth Renewal Rejuvenating Conditioner yang dapat mengatasi delapan tanda-tanda penuaan rambut seperti kehilangan volume, kerusakan, kurang bersinar, kekasaran, kekeringan, kerapuhan, kekusutan dan kehilangan warna alami rambut.

Baca juga : Bio Farma Tegaskan Vaksin Sinovac Berlabel 'Only for Clinical Trial' untuk Vaksinasi adalah Hoaks

Sementara itu, menurut Charles Worthington, pemilikdan Creative Director Salon Charles Worthington London menjelaskan bahwa tatanan rambut yang tepat dapat menjadi alternatif untuk mengurangi dampak buruk penuaanrambut. “Gaya rambut untuk wanita usia 40-an akan sedikitberbeda dengan wanita di usia 30-an atau usia 20-an. Variasimodel serta pemilihan warna rambut yang tepat akan menjadikan penampilan lebih segar dan muda,” papar terangWorthington.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)