Wisata Religi : Menelusuri Lima Museum Sejarah Islam Terbesar Di Dunia

Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
Wisata Religi : Menelusuri Lima Museum Sejarah Islam Terbesar Di Dunia
Bangunan megah Museum Louvre Abu Dhabi. Foto wikipedia/instagram/museumsart/istimewa
A A A
Sejarah panjang penyebaran agama Islam, tertata mulai dari turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hiro hingga dilanjutkan oleh empat Khulafaur Rasyidin dan Kekhalifahan Islam setelahnya. Catatan sejarah ini, terabadikan di museum-museum sejarah di berbagai penjuru dunia.

Ada beberapa museum sejarah Islam yang terbesar dan termegah di dunia. Bangunannya yang unik dan khas, juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut lima museum sejarah Islam yang sangat populer di dunia.

1. Museum of Islamic Art, Kairo

Wisata Religi : Menelusuri Lima Museum Sejarah Islam Terbesar Di Dunia


Museum yang berada di ibukota Mesir ini dianggap sebagai museum yang memiliki koleksi sejarah peradaban Islam terlengkap di dunia. Didirikan pada tahun 1903 dan direnovasi selama 8 tahun sejak dari tahun 2003 silam, Museum of Islamic Art Kairo menjadi magnet bagi wisatawan muslim yang datang dari penjuru dunia.

Museum ini menampilkan sekitar 2.500 artifak dari 12 ribu objek museum yang tertata rapi dalam 25 galeri. Sejarahnya, dahulu Museum of Islamic Art Kairo pertama kali didirikan di Masjid Fatimd Al Hakim pada tahun 1884. Namun karena keterbatasan tempat, akhirnya seluruh koleksi museum dipindahkan ke lokasi sekarang pada tahun 1903.

Koleksinya pun sangat bervariasi. Ada yang berasal dari lokasi penggalian situs bersejarah hingga hadiah. Jenisnya pun beragam dari keramik, tekstil, besi, hingga ukiran kayu dan artifak batu yang menceritakan kebudayaan Mesir dari abad ke-7 hingga 19. Koleksinya juga mencakup manuskrip langka Al-Qur’an, pajangan tekstil, keramik, hingga logam.

2. Prophet Mohammad Museum, Amman

Wisata Religi : Menelusuri Lima Museum Sejarah Islam Terbesar Di Dunia


Museum ini berada di Yordania, tepatnya di komplek Masjid Raja Hussein, Taman Umum Al-Hussein, Amman. Dibuka untuk umum pada 15 Mei 2012. Sesuai namanya, museum ini menyimpan beberapa barang pribadi milik Nabi Muhammad SAW, termasuk sehelai rambut dari janggutnya dan spucuk surat kepada kaisar Byzantium yang berisi ajakan untuk masuk Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)