Studi di Wuhan Temukan Gejala Covid-19 Mampu Bertahan hingga 6 bulan

loading...
Studi di Wuhan Temukan Gejala Covid-19 Mampu Bertahan hingga 6 bulan
Namun, ini adalah studi observasi, yang berarti tidak mungkin untuk menghubungkan gejala-gejala tersebut secara langsung dengan virus corona baru. / Foto: Ilustrasi/New York Post
WUHAN - Gejala Covid-19 dapat bertahan hingga enam bulan, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal medis The Lancet. Penelitian itu mengamati beberapa orang pertama yang dirawat di rumah sakit karena penyakit Covid-19 .

(Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dilakukan 4 Tahap, Inilah Tahapannya! )

Studi tersebut berfokus pada 1.733 orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 di Wuhan, China, tempat virus corona baru kali pertama terdeteksi dari Januari hingga Mei lalu. Banyak yang dirawat di rumah sakit bahkan sebelum penyakit itu memiliki nama.

Sekitar 3/4 pasien melaporkan gejala yang menetap selama 6 bulan setelah diagnosis awal mereka. 63% mengatakan mereka masih mengalami kelelahan atau kelemahan otot, 23% menyatakan kecemasan atau depresi, dan 26% melaporkan kesulitan tidur.



"Analisis kami menunjukkan bahwa sebagian besar pasien terus hidup dengan setidaknya beberapa efek virus setelah meninggalkan rumah sakit, dan menyoroti kebutuhan untuk perawatan pasca-keluar," kata Dr. Bin Cao, seorang penulis studi dan wakil direktur dari Pusat Penyakit Pernafasan di Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang di Beijing dalam sebuah pernyataan.

Namun, ini adalah studi observasi, yang berarti tidak mungkin untuk menghubungkan gejala-gejala tersebut secara langsung dengan virus corona baru. Untuk menunjukkan hubungan yang sebenarnya, penelitian perlu membandingkan hasil Covid-19 dengan mereka yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi serupa yang juga dapat menyebabkan pneumonia.

"Saya ingin melihat data pasien yang dirawat dengan penyakit selain Covid-19 selama periode itu," jelas Dr. Hana El Sahly, seorang profesor virologi molekuler dan mikrobiologi dan kedokteran di Baylor College of Medicine di Houston.



Dilansir NBC News, Selasa (12/1), masuk rumah sakit dengan pneumonia bisa menjadi peristiwa traumatis bagi siapa pun. El Sahly menambahkan bahwa tidak jarang pasien tersebut memiliki gejala yang menetap.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top