Pos Bloc: dari Gedung Kantor Pos Bersejarah Menuju Ruang Kreatif Publik Generasi Muda

Kamis, 14 Januari 2021 - 00:55 WIB
loading...
Pos Bloc: dari Gedung Kantor Pos Bersejarah Menuju Ruang Kreatif Publik Generasi Muda
Kolaborasi PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos hadirkan ruang kreatif publik baru bernama Pos Bloc. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kolaborasi PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos menghadirkan beberapa ruang kreatif publik baru bernama Pos Bloc di Gedung Kantor Pos Pasar Baru (Jakarta), Gedung Kantor Pos Surabaya (Jawa Timur), dan Gedung Kantor Pos Medan (Sumatera Utara). Kesuksesan Mbloc yang merupakan aset dari Peruri disulap menjadi ruang kreatif pun diharapkan bisa tertular di kawasan Pos Bloc nanti.

Acara penandatanganan bertempat di Point Lab, Graha Pos Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. PT Pos Properti Indonesia diwakilkan oleh Handriani Tjatur Setijowati selaku Direktur Utama, sementara mewakili PT Ruang Kreatif Pos adalah Jimmy Saputro sebagai Direktur Utama, yang ikut disaksikan pula oleh Handoko Hendroyono, Komisaris Utama PT Ruang Kreatif Pos, Endro Tjahjono GM Pengembangan Usaha dan Teknik, serta Deni Hidayat selaku GM Operasi PT Pos Properti Indonesia.

Proyek Pos Bloc perdana yang segera dimulai pengerjaannya adalah Pos Bloc Jakarta dan menyusul kemudian Pos Bloc Surabaya serta Pos Bloc Medan.



Pos Bloc Jakarta rencananya akan memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru seluas 7.000 meter persegi milik PT Pos Indonesia menjadi sebuah creative hub multifungsi bagi berbagai komunitas kreatif, dan juga tempat untuk pemberdayaan bisnis UMKM serta UKM.

Nantinya di dalam gedung bersejarah yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Bangunan Cagar Budaya tersebut akan hadir beragam tenant UKM/UMKM dalam negeri yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya.

Beragam program kolaborasi dengan berbagai komunitas kreatif telah dirancang pula untuk digelar di sana. Salah satu bagian ruangan di gedung tersebut rencananya juga akan difungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House.

Proyek ini digarap oleh PT Ruang Kreatif Pos yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Radar Ruang Riang yang sebelumnya telah sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pos Bloc Jakarta yang berlokasi Jl Pos No. 2 Pasar Baru, Jakarta Pusat, ini sebelumnya merupakan gedung Post Telefon en Telegraf bergaya arsitektural Colonial yang dirancang oleh arsitek Belanda, J.F. von Hoytema dan dibangun selama 17 tahun (1912-1929).

Pemerintahan Kolonial Belanda di bawah Gubernur Jenderal H.W. Daendels pada abad ke-19 memindahkan pusat Kota Batavia dari kawasan Kota Tua ke Weltevreden (sekarang dikenal sebagai Jakarta Pusat). Segala kegiatan pemerintahan, perkantoran, perbelanjaan, kesenian, dan kebudayaan saat itu berpusat di Weltevreden.

Tak heran jika tepat di samping gedung pos ini berdiri pula Schouwburg Weltevreden (kini Gedung Kesenian Jakarta) yang menjadi pusat pertunjukan drama, teater, sastra, hingga film ternama pada zamannya. Mereka khusus membangun gedung layanan pos, telepon, dan telegraf untuk masyarakat ini tepat di seberang Pasar Baru, sebuah kawasan Pecinan sekaligus pusat perbelanjaan elit Belanda yang dibangun sejak 1820.

Handriani Tjatur Setiowati selaku Direktur Utama PT Pos Properti Indonesia mengatakan, keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan PT Pos Indonesia, di mana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan Kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda zaman sekarang merupakan satu keunikan tersendiri.

"Dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia, maka diharapkan Pos Bloc akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreativitas mereka sehingga mampu menghasilkan karya-karya berdaya jual tinggi," ujar Handriani.

"Di tempat ini pula Pos Indonesia akan berkolaborasi dengan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya jual karya kreatif mereka hingga mampu bersaing, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar internasional. Kenali dan cintai karya cipta anak bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat," tambahnya.



Jimmy Saputro, Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos, mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Pos Properti Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya.

"Semoga Pos Bloc dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan tempatnya berada serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya,” harap Jimmy Saputro.

Pos Bloc Jakarta rencananya mulai dibuka untuk umum pada 17 Agustus 2021.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)