Demi Kenyamanan Wisatawan, Kemenparekraf Bakal Revitalisasi Toilet

loading...
Demi Kenyamanan Wisatawan, Kemenparekraf Bakal Revitalisasi Toilet
Kemenparekraf bekerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata di Indonesia agar memberikan kenyaman pada wisatawan. Foto/Instagram.
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bekerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) untuk merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata di Indonesia agar memberikan kenyaman pada wisatawan.

Sandiaga menyampaikan bahwa kelayakan dan kebersihan toilet di tiap destinasi wisata merupakan salah satu unsur penting.

Baca juga: Kemenparekraf-INACA Kompak Tumbuhkan Rasa Aman dan Nyaman Berwisata

"Menurut saya senyata-nyatanya kalau kita mau revolusi sektor wisata itu harus dimulai dari toilet karena ini adalah tempat yang tidak bisa kita wakilkan untuk datang," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Kamis (14/1).



Toilet di tempat wisata dinilainya harus memiliki desain dan fasilitas yang baik. Sebab, sarana tersebut dinilai dapat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata.

Sementara, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso, mengatakan bahwa ATI siap bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk revitalisasi toilet di tiap destinasi wisata.

Menurutnya, keberadaan toilet di tiap destinasi wisata perlu pendampingan terus menerus agar tetap nyaman. Sehingga akan memunculkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung.



Baca juga: Kemenparekraf Gandeng Indra Lesmana Angkat Keindahan Indonesia lewat Musik

"Saya harap ke depannya, toilet ini menjadi sangat penting karena terus terang menurut WHO, negara yang maju itu kalau negaranya sehat. Hal ini berkaitan dengan wisata sehat, karena suka tidak suka semua wisatawan akan mencari tempat yang sehat dan higienis pula, agar mereka tetap bahagia saat berlibur. Semoga kita bisa membantu memajukan keberadaan toilet di destinasi wisata. Ada beberapa kriteria yang harus kita kerjakan, agar lingkungan kita sehat," jelas Naning.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top