Desain Ulang Kamar Mandi demi Kenyamanan

Rabu, 20 Januari 2021 - 23:05 WIB
loading...
Desain Ulang Kamar Mandi demi Kenyamanan
Kamar mandi dengan desain kekinian akan lebih menyenangkan. (Foto: Dok/Architectaria)
A A A
KAMAR mandi adalah salah satu kunci sebuah rumah . Jika kamar mandinya bersih, rapi, dengan desain kekinian tentu akan lebih memberikan kenyamanan bagi penggunanya, termasuk tamu.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk mendesain ulang kamar mandi agar lebih menyenangkan, segar, dan kekinian. Arsitek Amirullah dari Architectaria mengatakan, merombak kamar mandi dapat dimulai dengan memperbaharui dinding.

"Jika kamar mandi Anda memiliki wallpaper yang mengelupas dan berkerak atau cat berwarna aneh dan berbintik-bintik, maka ruangan akan terasa kotor dan menjemukan, bahkan kuno. Sebaliknya, jika dinding kamar mandi Anda bersih dan segar, seluruh ruangan akan mengalami peningkatan gaya," ungkapnya, Selasa (19/01/2021).

Cara memperbarui dinding kamar mandi yakni dengan menghaluskan tekstur dinding yang sudah terarah dengan memasang papan dan reng, memasang wallpaper atau dengan lukisan dinding berwarna cerah. Warna dinding yang lebih kontras mengelilingi barang-barang kamar mandi berwarna putih Anda akan membuat ruangan terasa lebih besar. Sedangkan jika dinding berwarna lebih gelap kontras, maka akan menambah visual yang lebih tinggi untuk kamar mandi.

Kamar mandi identik dengan banyak cermin. Karena itu, fungsi cermin dapat dimaksimalkan untuk mendekorasi ulang kamar mandi Anda menjadi lebih baik. Caranya, tempatkan cermin ukuran besar dengan bentuk lingkaran karena cermin jelas kegunaannya untuk membuat ruangan terlihat lebih besar.

"Karena cermin memantulkan banyak cahaya dan membuat kamar mandi kecil terasa sedikit lebih luas daripada yang sebenarnya," jelasnya.

Cara agar cermin tampil lebih maksimal, maka setelah memilih cermin besar, lalu tempatkan lampu di atas cermin tersebut. Pastikan juga cermin berada di tengah atas wastafel.

Pencahayaan kamar mandi pun menjadi hal yang patut diperhitungkan untuk diubah. Pencahayaan adalah kunci di kamar mandi, sehingga Anda memilih cahaya yang cukup terang, tetapi tidak terlalu terang. Sekalian rancang pula lampu untuk area dengan kelembapan tinggi. Lampu yang ditempatkan di atas cermin dapat dibedakan dengan lampu lainnya, sehingga efek jauhnya lebih menarik. Bahkan, gaya lampu pun dapat lebih dikreasikan.

Selain hal yang terlihat umum, hal detail juga harus diperhatikan saat merombak kamar mandi. Misalnya, keran kamar mandi yang lebih kekinian, yakni yang ramping dan lebih kontemporer atau fungsional.

"Hal kecil lain seperti pengait dinding yang unik, tempat peralatan mandi yang terbuka biasanya di dekat area shower atau tertutup di dekat wastafel. Laci pun dapat dibuat seakan melayang untuk penempatan barang lain di bawah laci," ucap Amirullah.

Meskipun kamar mandi Anda kecil dapat mulai dicoba untuk memisahkan area basah dan kering. Area basah tempat shower tidak harus besar, hanya seukuran kotak seperti telepon umum saja sudah cukup. Sementara penggunaan bathtub dapat disesuaikan dengan minat, luas, dan kebutuhan.

Hal lain yang dapat ditambahkan pada kamar mandi baru Anda ialah menggantung beberapa karya seni di dinding, meletakkan karpet kecil antiselip yang nyaman di dekat area rawan air, serta memasang rak di atas pintu kamar mandi untuk memaksimalkan ruang yang terbuang percuma. Anda juga dapat mengganti tirai kamar mandi dengan sesuatu yang unik, seperti trim di sepanjang tepi depan atau memasang tirai shower dari langit-langit untuk tampilan berbeda. Penekanan vertikal dari ide ini membantu memperluas ruangan untuk merombak kamar mandi kecil. (Ananda Nararya)
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)