Ini Resep Martabak Manis Praktis Tanpa Mixer

Kamis, 21 Januari 2021 - 12:20 WIB
loading...
Ini Resep Martabak Manis Praktis Tanpa Mixer
Anda pun bisa berkreasi dengan menggunakan isian sesuai selera, seperti cokelat, keju, atau buah pisang. / Foto: Ilustrasi/Cookpad
A A A
JAKARTA - Bunda, mencari ide untuk membuat camilan keluarga di rumah? Buat saja martabak manis terang bulan. Bahannya mudah didapat, dan caranya praktis karena tanpa mixer. Anda pun bisa berkreasi dengan menggunakan isian sesuai selera, seperti cokelat , keju, atau buah pisang.

Baca juga: Resep Seblak, Rasa Gurih dan Pedasnya Gugah Selera

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat martabak manis dikutip dari Cookpad, Kamis (21/1).

Bahan-bahan:

Bahan A:
175 gr tepung terigu serbaguna
3 sdm gula pasir
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 sdt essence vanili cair atau 1 sachet vanili bubuk
175 ml air matang

Bahan B:
1 butir telur
1/2 sdt baking powder
75 ml Air matang

Bahan topping:
Gula pasir
1 sdm butter atau mentega
Meses coklat
Keju
Susu kental manis

Cara membuat:
1. Masukkan semua bahan A ke dalam wadah. Aduk menggunakan jari-jari tangan hingga semua tercampur rata dan tidak ada gumpalan adonan. Kurang lebih 2 menit. Tutup adonan dengan serbet atau tutup panci. Diamkan selama 1 jam.

2. Masukkan semua bahan B ke dalam adonan bahan A. Aduk kembali menggunakan jari tangan dengan arah memutar sampai muncul sedikit gelembung-gelembung udara. Kurang lebih 3 sampai 4 menit.

3. Panaskan Teflon. Beri sedikit butter atau mentega. Lalu bersihkan dengan tisu hingga tidak ada butter dan mentega yg terlihat. Pastikan teflon benar-benar panas. Masukkan adonan dengan api kecil. Beri sarang di pinggiran martabak dengan menekan adonan dengan sendok sayur.

Baca juga: Begini Cara Membuat Bolu Kukus yang Mekar dan Enak

4. Diamkan hingga muncul gelembung-gelembung sarang. Jika sudah muncul gelembung sarang, beri taburan gula sesuai selera. Tutup teflon hingga seluruh permukaan matang. Angkat. Beri topping dan iris sesuai selera. Sajikan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)