Tetap Bijak dalam Mengonsumsi Buah

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:00 WIB
loading...
Tetap Bijak dalam Mengonsumsi Buah
Mengonsumsi buah-buahan tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek bagi tubuh. (Foto: Sindonews/Yorri Farli)
A A A
MANFAAT buah bagi tubuh begitu banyak. Namun, apabila dikonsumsi berlebihan bisa membahayakan tubuh , terutama bagi penderita penyakit serius. Bahkan, rasa buah tertentu dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Seperti rasa asam berlebih, maka tidak baik bagi penderita asam lambung dan GERD atau gastroesophageal reflux disease, penyakit kronis pada sistem pencernaan.

Ahli gizi, Leona Victoria mengatakan, buah citrus seperti lemon, limau, jeruk dapat memicu naiknya asam lambung. Karena itu, jika masih ingin menikmati manfaat dari aneka jeruk tersebut dapat dicampur segelas air, sehingga rasa asamnya berkurang.

"Perasan lemon dan air tersebut dapat menetralkan asam di perut. Jika hanya konstratnya, maka akan membahayakan atau mengiritasi lambung dan kerongkongan," ujarnya, Kamis (21/01/2021).

Idealnya, makan buah setiap hari jumlahnya hanya sekepal tangan untuk satu kali makan. Seperti satu buah apel atau sebuah jeruk Sunkist. Jika buah yang harus dipotong cukup satu cangkir kecil.

Kebanyakan masyarakat sering berlebihan saat makan buah dalam satu hari. Sebenarnya, dalam satu hari hanya 2-3 buah saja untuk orang dewasa.Namun, untuk para penderita diabetes harus lebih memperhatikan takeran itu. Sebab, mereka harus menjaga gula darah karena buah mengandung karbohidrat yang bisa menaikan gula darah. Bukan hanya buah yang karbohidratnya tinggi, namun juga buah dengan indeks glikemik tinggi seperti mangga, pisang, apel, nanas, dan anggur.

Pada dasarnya buah sangat dianjurkan dikonsumsi setiap harinya sama halnya dengan sayuran sebagai bagian dari pola makan berimbang dan sehat. Begitu pula dengan penderita diabetes, boleh memakannya asal sesuai porsi dan jam makan, yakni di luar jam makan utama.

"Untuk penderita diabetes hindari jus buah karena jus buah itu sudah tidak ada seratnya, lebih mudah dikonsumsi jadi tendensi untuk over eating-nya lebih tinggi daripada kita mengonsumsi buah langsung," ungkap Master of Nutrition & Dietetics dari University of Sydney ini.

Waktu makan ideal 3 kali sehari setelah 2-3 jam diselingi dengan makanan ringan. Penderita diabetes wajib menjaga waktu makan tersebut karena gula darah mereka tidak boleh turun ataupun naik terlalu jauh. Lebih baik, ada snack time dibanding makan kue atau kudapan lainnya.

Buah lain yang kerap dijauhi ialah alpukat karena memiliki kandungan lemak tinggi. Faktanya memang ada lemak, namun tentu lemak baik. Alpukat juga memiliki kalori tinggi, namun rendah karbohidrat. Karena kalori tinggi memang sebaiknya tidak perlu terlalu banyak. Sesuai dengan porsi anjuran makan buah hanya 2-3 buah dalam sehari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)